Iklan dempo dalam berita

Langkah Mudah Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah, Ini Alat yang Perlu Disiapkan

Langkah Mudah Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah, Ini Alat yang Perlu Disiapkan

Langkah Mudah Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah, Ini Alat yang Perlu Disiapkan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Melakukan servis secara rutin di bengkel merupakan suatu kewajiban bagi para pemilik kendaraan motor maupun mobil. Untuk menghindari penipuan yang tidak diinginkan, Carmudi telah rangkum beberapa tips agar tidak ditipu di bengkel.

Servis kendaraan di bengkel perlu dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan agar kendaraan performanya tetap optimal dibawa berkendara setiap hari, umur kendaraannya bisa lebih panjang, dan sebagainya

BACA JUGA:Bukan Hanya Oli Mesin, Berikut 4 Jenis Pelumas Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala

Namun, beberapa orang memang lebih memilih ganti oli di bengkel karena alasan tak punya waktu dan dikerjakan oleh mekanik yang sudah terlatih. 

Tapi, sebenarnya mengganti oli motor bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan dari rumah saja.

Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan untuk mengganti oli motor di rumah. Mengutip situs Federal Oil, selain menyiapkan oli baru, kamu juga harus menggunakan beberapa alat bantu untuk mengganti oli.

BACA JUGA:Seberapa Mahal Oli Motormu? Ini 7 Oli Motor Termahal yang Ada di Indonesia

Kemudian pastikan kamu memiliki pengetahuan dasar tentang mesin motor dan alat yang tepat sebelum mencoba mengganti oli sendiri. Tanpa berlama-lama, berikut cara ganti oli motor sendiri.

1. Persiapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum ganti oli, di antaranya oli motor yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan motor, filter oli baru, kunci pas atau kunci soket yang sesuai untuk membuka baut oli dan filter, penampung untuk menampung oli bekas, kain lap, serta sarung tangan pelindung untuk melindungi tangan dari kotoran dan oli.

2. Pastikan Motor dalam Keadaan Aman

Pastikan mesin dalam kondisi mati dan dingin. Jika mesin baru saja digunakan, biarkan mesin dingin selama beberapa saat agar oli mengalir dengan baik. Pastikan motor dalam posisi yang stabil dan datar.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli, Ini 3 Rekomendasi Oli untuk Motor Sport Mesin 150 cc Hingga 250 cc ke Atas

3. Identifikasi Lokasi Baut Oli dan Filter Oli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: