Iklan dempo dalam berita

Bukti Peran Ulama Dalam Kemerdekaan, Ini Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ri yang Menjadi Dasar Hari Santri

Bukti Peran Ulama Dalam Kemerdekaan, Ini Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ri yang Menjadi Dasar Hari Santri

Resolusi Jihad dari KH. Hasyim Asy'ari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ulama dan para santri memiliki andil besar dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Mereka turun berjuang untuk mengusir pada penjajah dari bumi nusantara.

Salah satu bukti peran ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yakni dengan adanya Resolusi Jihad dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ri.

Resolusi Jihad ini sebagai respon masih adanya kelompok Netherlands Indies Civil Administration atau NICA mewakili pemerintah Belanda ingin kembali menjajah Indonesia.

Keresahan kelompok kiai dan santri atas kedatangan sekutu di awal kemerdekaan melahirkan Resolusi Jihad yang dicetuskan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

BACA JUGA:Tak Perlu Beli Baru, Ikuti 10 Tips Ini untuk Cegah dan Atasi Kebocoran Tandon

Fatwa Resolusi Jihad diputuskan dalam Rapat Besar Konsul-Konsul se-Jawa dan Madura pada 21-22 Oktober 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Isi Resolusi Jihad ini mengobarkan semangat umat Islam melawan penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Seruan Resolusi Jihad tersebut kemudian disebarkan ke seluruh Nahdliyin dan umat Islam di seluruh pelosok Jawa dan Madura. Resolusi Jihad ini mengilhami pertempuran besar pasca-kemerdekaan yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945.

Resolusi Jihad merupakan bukti kontribusi Nahdlatul Ulama, kiai, dan santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Untuk memperingati peristiwa bersejarah itu, pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Pada momen Hari Santri 2023 ini mari kembali merenungkan perjuangan para santri dan kiai dalam mempertahankan Republik Indonesia. Mengutip laman Pesantren Tebuireng, berikut teks asli Resolusi Jihad yang dapat menjadi refleksi umat Islam masa kini dalam kontribusinya untuk Indonesia.

BACA JUGA:Usia Bukan Satu-satunya Penyebab Tandon Air Bocor, Tapi 5 Hal Berikut Biang Keroknya

Teks Resolusi Jihad

Teks Resolusi Jihad ini dimuat Harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, edisi No. 26 tahun ke-I, Jumat Legi, 26 Oktober 1945.

Toentoetan Nahdlatoel Oelama kepada Pemerintah Repoeblik Soepaya mengambil tindakan jang sepadan Resoloesi wakil-wakil daerah Nahdlatoel Oelama Seloeroeh Djawa-Madoera

Bismillahirrochmanir Rochim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: