Iklan RBTV Dalam Berita

Berapa Meter Tinggi Posisi Tandon Air yang Baik Untuk Rumah Tangga? Ini Jawabannya

Berapa Meter Tinggi Posisi Tandon Air yang Baik Untuk Rumah Tangga? Ini Jawabannya

Berapa Meter Tinggi Posisi Tandon Air yang Baik Untuk Rumah Tangga? Ini Jawabannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penempatan tandon air di rumah memang menjadi keperluan yang penting. Sebagai salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia, air harus selalu tersedia, terutama di musim kemarau. 

Hanya saja, mempersiapkan suplai air memang tidak mudah. Instalasi tendon (penampungan) air yang layak harus dilakukan agar air selalu tersedia kapan pun di rumah. 

Masalahnya, Anda harus mengetahui lokasi penempatan tandon air di rumah yang tepat.

BACA JUGA:6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memasang Tandon Air di Rumah, Pondasi Hingga Water Control

Tandon air, yang juga dikenal dengan sebutan toren atau tangki air, merupakan tempat penyimpanan air berkapasitas dari ratusan sampai ribuan liter. 

Tandon air ialah komponen yang penting bagi kebutuhan rumah tangga. Fungsinya, selain untuk tempat penyimpanan air yang bersih, tangki air juga dapat membantu penghematan listrik serta memperpanjang usia pompa air.

Hal lainnya yang perlu diketahui sebelum membeli sebuah tandon air adalah bahwa tempat penyimpanan air ini terdiri atas beragam tipe serta ukuran. 

Terdapat tandon air yang terbuat dari plastik maupun stainless steel. Ada pula tangki air dengan cara instalasinya dengan ditanam (biasanya disebut tangki pendam).

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Tandon Air Bocor, hanya Gunakan Cat Dijamin Manjur

Berikut Ketinggian Posisi Tandon Air

Ketinggian lokasi penempatan tangki air juga harus diperhitungkan. Cara memasang tangki air di rumah yang memperhatikan ketinggian tentu akan lebih aman. Ketinggian posisi tangki akan memperngaruhi besar kecilnya semburan air yang dari tangki. Semakin tinggi tangki air, maka akan semakin besar semburan dari tangki air.

- Ketinggian 2-4 meter

Pada ketinggian 2-4 meter, tekanan dan semburan air yang dihasilkan dari tangki air akan lebih rendah. Ketinggian ini sangat cocok digunakan pada rumah yang sangat meminimalisir penggunaan air. Ketinggian ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran listrik. Hanya saja, air yang keluar pasti akan lebih lambat karena gravitasinya sangat kecil.

BACA JUGA:Tandon di Atas Bukan karena Lahan Sempit, tapi Ini Alasan dan Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: