Iklan dempo dalam berita

Bukan Cuma Bumbu Masak, Kunyit juga Penawar dari Berbagai Penyakit

Bukan Cuma Bumbu Masak, Kunyit juga Penawar dari Berbagai Penyakit

Tidak hanya sekadar bumbu dapur, kunyit memiliki banyak khasiat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Salah satu bumbu dapur yang mudah dijumpai di Indonesia adalah kunyit, biasanya kunyit identik dengan warnanya yang kuning. Sehingga banyak orang mudah mengenalai varian ini.

Namun, ada jenis kunyit lainya seperti, kunyit putih yang tak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, ternyata juga memiliki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan yang belum diketahui banyak orang.

Umumnya kunyit putih memang tidak sepopuler kunyit kuning, tetapi kunyit putih sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, karena memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang ada didalamnya.

BACA JUGA:Butuh Sertifikat Halal? Begini Cara Pengajuan dan Biayanya

Tidak sedikit orang, yang masih kebingungan dalam membedakan manfaat keduanya, Namun tak perlu khawatir dalam Artikel ini Anda bisa mengetahui sejumlah perbedaan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Lalu apakah manfaat keduanya sama?

Kunyit kuning merupakan tanaman rempah asli dari wilayah Asia tenggara yang terkenal akan warna kuning khasnya. Warna kuning tersebut berasal dari senyawa kurkumin, bisdemetoksikurkumin, dan demetoksikurkumin.

Kunyit kuning memiliki kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri. Kedua kandungan tersebut mempunyai sifat antioksidan, antitumor, antikolesterol, antimikroba, dan dapat membantu mengatasi berbagai penyakit, seperti hepatitis dan gangguan pencernaan.

Sementara itu, kunyit putih memiliki warna yang lebih terang dan rasa yang lebih pahit jika dibandingkan dengan kunyit kuning. Namun, keduanya memiliki kandungan utama yang sama, yaitu kurkumin dan minyak atsiri.

BACA JUGA:Sudah Dicuci tapi Botol Tumbler Masih Barbau? Begini Cara Ampuh Menghilangkan Bau

Karena kandungan utamanya sama, baik kunyit kuning maupun kunyit putih sebenarnya memiliki manfaat yang serupa, seperti mengatasi masalah pencernaan dan meredakan nyeri saat menstruasi. 

Keduanya juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bahan pewarna makanan alami, atau sebagai campuran parfum dan obat.

Meski begitu, kunyit putih memiliki efek antibakteri yang lebih besar daripada kunyit kuning.

Nah, itu tadi perbedaan manfaat keduanya, sebelum Anda mengetahui lebih lanjut manfaat kunyit putih bagi kesehatan, terlebih dahulu Anda harus mengenal cara pengelolahan tanaman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: