Iklan dempo dalam berita

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Mesin Mobil Kamu Cepat Panas? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat--

Salah satu hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yaitu pada radiator dan selang radiator yang mengalami kebocoran. Sehingga pastikan jika kondisi radiator dan selang selalu dalam kondisi baik serta tidak mengalami penyumbatan. 

Jika terjadi kerusakan pada radiator mobil Kamu ataupun hal lainnya yang menyebabkan mesin mobil cepat panas maka Kamu harus segera membawanya ke spesialis radiator agar bisa mengatasi kerusakan yang ada pada radiator dan selang radiator.

Jika kerusakan yang ada cukup parah, maka akan lebih baik jika Kamu segera melakukan penggantian pada radiator sehingga tidak membuat mesin mobil cepat panas kembali.

BACA JUGA:Penting, Ini Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Air Biasa untuk Radiator

3. Kualitas Oli Mobil

Kualitas dari oli mobil yang digunakan akan menjadi penyebab dari mesin mobil cepat panas. Oli dengan kualitas yang rendah akan cepat menyebabkan mesin mengalami overheating, bahkan membuat mesin mobil dapat mati mendadak ketika sedang dikendarai. 

Hal ini dikarenakan oli berkualitas rendah biasanya tidak terlalu memiliki kemampuan yang tinggi untuk bisa menahan panas yang berlebihan. Karena tidak mampu menahan panas yang dihasilkan mesin sehingga menyebabkan volume oli mobil menjadi cepat berkurang yang akan membuat kerja mobil menjadi tidak maksimal serta membuat mesin menjadi cepat rusak.

Sehingga pentingnya menggunakan oli yang memang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi mobil yang Kamu miliki agar membuat kinerja mobil menjadi lebih maksimal. Selain itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin terkait kondisi mesin mobil, jangan sampai terjadi kebocoran pada oli yang dibiarkan terus menerus.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, 7 Kebiasaan Berkendara yang Bisa Merusak Mobil, Nomor 7 Sering Dilakukan

4. Sirkulasi Radiator Yang Tidak Lancar

Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya datang lagi dari kondisi radiator yang kurang baik, tepatnya dikarenakan sirkulasi air yang ada di dalam radiator kurang lancar. 

Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan cairan radiator yang kurang tepat. Sehingga malah membuat adanya karat ataupun kotoran yang menempel di dalam komponen radiator yang akan membuat sirkulasi cairan radiator menjadi kurang lancar.

Sehingga Kamu perlu melakukan perawatan secara rutin pada kondisi radiator. Untuk itu lakukan penggantian cairan radiator ketika telah menempuh 20.000 km. Jika kondisi radiator terlalu parah, maka Kamu bisa mencoba mengganti kisi-kisi yang ada pada radiator.

5. Kipas Mengalami Trouble

Penyebab lainnya bisa berasal dari kondisi kipas radiator yang mengalami trouble ataupun tidak bekerja pada umumnya. Tentunya kinerja yang tidak maksimal ini membuat sensor switching yang ada tidak akan dapat membaca tindakan yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: