Iklan dempo dalam berita

Jangan Tunggu Rusak, Pengguna Motor Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Penyebab Oli Cepat Habis

Jangan Tunggu Rusak, Pengguna Motor Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Penyebab Oli Cepat Habis

Jangan Tunggu Rusak, Pengguna Motor Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Penyebab Oli Cepat Habis--

2. Sepeda motor terasa berat

Tanda berikutnya dari motor kehabisan oli adalah terasa berat. Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan sepeda motor terasa lebih mudah untuk dikendarai.

Sebaliknya jika oli sudah mulai habis maka mesin tidak bisa terlumasi dengan baik jadi sepeda motormu akan terasa lebih berat saat digunakan.

3. Mesin mati mendadak

Oli mesin sepeda motor yang sudah habis juga bisa ditandai dengan mesin yang mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan. 

Biasanya Anda juga akan kesulitan untuk menyalakan kembali sepeda motor terutama saat menggunakan electric starter.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus-menerus, tak menutup kemungkinan sepeda motor Anda akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Sebab mesin sepeda motor akan menjadi lebih cepat panas, suara mesin terdengar lebih kasar, dan yang paling parah adalah piston akan terkunci akibat proses pemuaian dari panas yang ditimbulkan pada mesin.

Sementara itu, supaya performa mesin tetap terjaga, dan mesin selalu sehat. Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan ketika proses penggantian oli mesin.

Berikut 4 hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti oli:

- Masih banyak mekanik yang masih salah kaprah

Untuk menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Cara ini masih dianggap ampuh oleh banyak bengkel, dengan alasan pelumas lama di dalam msesin bisa bersih, dan cepat keluar.

Namun, berdasarkan penelitian, ternyata langkah tersebut salah kaprah. Karena dengan menyemprot dengan udara bertekanan tinggi, berpotensi menyebabkan kotoran di filter oli tersebar ke area mesin.

Memang yang akan menetes lebih banyak, tapi lebih dianjurkan agar didiamkan saja sampai habis. Langkah ini dianggap lebih aman menurut para mekanik bengkel resmi.

- Sebaiknya lakukan penggantian ring oli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: