Iklan dempo dalam berita

70 PPK Resmi Dilantik, Pesan Ketua KPU Seluma Jangan Buat Malu

70 PPK Resmi Dilantik, Pesan Ketua KPU Seluma  Jangan Buat Malu

Pelantikan PPK KPU Seluma--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Sebanyak 70 Petugas Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 14 Kecamatan di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, resmi dilantik Ketua KPU Kabupaten Seluma Sarjan Efendi, SE pada Rabu pagi (4/1/2023) di ruang rapat Hotel Arnanda Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma.

BACA JUGA:Daftar Penerima Bansos 2023 Cek Online, Apakah Anda Termasuk

Ketua KPU Kabupaten Seluma Sarjan Efendi, SE mengatakan 70 orang petugas PPK ini dilantik, sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022 tentang Rekrutmen Badan Adhoc.

BACA JUGA:Punya Anak 0-6 Tahun, Daftar BLT Balita Dapat Rp 3 Juta, Ini Caranya

Usai diambil sumpah, para petugas PPK dituntut mengamalkan Pakta Integritas yang ditandatangani dan telah dibacakan, untuk siap sedia diberi sanksi moral dan dituntut sesuai peraturan perundangan-undangan bila melanggar dan terlibat dalam politik praktis pada tahapan Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:BLT Balita Segera Cair, Cek Keluarga dan 6 Kategori Lain yang Menerima Rp 3 Juta

Pihaknya berharap Pemkab Seluma dapat memberikan dukungan kinerja selama tahapan PPK yang akan bekerja di kecamatan masing-masing selama 15 bulan ke depan, salah satunya  membutuhkan sekretariat dan kendaraan operasional untuk menunjang kinerja.

"Kami mengucapkan selamat kepada PPK yang baru dilanti dari 407 yang mengikuti seleksi tertulis terpilih 70 orang, maka berbanggalah, sukses atau tidaknya pemilu dimasing-masing kecamatan ada di pundak mereka dalam mengemban tugas", ujar Sarjan Efendi.

Lanjutnya, pihaknya berharap kepada para PPK yang telah dilantik dapat bertanggung jawab setiap tindakan, karena dibawahnya masih ada penyelenggara pemilu mulai dari PPS, KPPS, dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih/PPDP).

"kepada PPK yang terpilih harus rajin-rajin bertanya bila belum paham ke Komisioner agar setiap langkah dan tindakan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Sarjan.

Sarjan menambahkan, integritas penyelenggara pemilu itu paling terdepan, KPU Kabupaten Seluma berkomitmen tidak akan melindungi petugas PPK yang tidak berintegeritas, seperti kejadian memalukan pada Pemilu 2019 di Kecamatan Ulu Talo agar tidak terulang.

BACA JUGA:Bejat! Dipergoki Sang Ibu, Bapak Tiri Gagahi Anak

"jangan sampai ada suara yang bergeser atau terjadi penggelembungan suara, jadi menjadi catatan khusus bagi petugas PPK yang baru dilantik, agar tidak membuat malu sebagai penyelenggara pemilu," tegas Sarjan Efendi.

Menyikapi usulan sekretariat dan kendaraan operasional serta genset, secepatnya akan diupayakan Pemkab Seluma. Bupati Seluma Erwin Octavian meyakinkan untuk menunjang kinerja pinjam pakai seluruh kendaraan operasional berupa kendaraan dinas dan genset akan dibantu Pemkab Seluma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: