Iklan dempo dalam berita

Akibat Gagal Panen, 6.000 Hektare Sawah Diusulkan Terima Benih Padi Gratis

Akibat Gagal Panen, 6.000 Hektare Sawah Diusulkan Terima Benih Padi Gratis

Akibat Gagal Panen, 6.000 Hektare Sawah Diusulkan Terima Benih Padi Gratis--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Menyambut musim tanam akhir tahun 2023 hingga awal tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma melalui Dinas Pertanian (Distan) saat ini telah mengusulkan bantuan benih padi.


Bantuan tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi 6.000 hektare sawah warga Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Pencuri Berulah Lagi, Warga Seluma Kembali Resah Ternak Sapi Ditemukan Sudah Dipotong

Diungkapkan oleh Kepala Distan Seluma, Arian Sosial, usulan tersebut sudah diajukan kepada Kementerian Pertanian RI dan kini tinggal menunggu persetujuannya. 

Adapun latar belakang dari usulan ini karena untuk mengatasi kebutuhan benih padi pada petani, pasca banyaknya kasus gagal panen di Kabupaten Seluma lantaran kemarau.

BACA JUGA:Sekarang Pakai Sumur Gali Air Tanah Harus Izin ke Pemerintah, Begini Cara Mendapatkan Izin

"Usulan ini untuk mengatasi kebutuhan benih padi petani di Kabupaten Seluma, karena sebelumnya banyak yang mengalami gagal panen dan tidak dapat mempersiapkan benih padi. Selain itu juga ini dalam rangka menyambut musim tanam akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 nanti," tutur Arian Sosial.

Lanjutnya, ia cukup optimis dengan diterimanya usulan ini, adapun detail jumlah padi yang diusulkan, nantinya per hektare lahan akan diberikan benih padi sebanyak 25 kilogram.

BACA JUGA:Siti Khadijah, Ibunya Umat Muslim, Setia Mendampingi Nabi Muhammad hingga Dipanggil Sang Kuasa

Ini artinya untuk memenuhi 6.000 hektare maka diusulkan kurang lebih 150 ton benih padi se-Kabupaten Seluma. Jika nantinya usulan benih telah diterima, maka benih tersebut akan diterima para petani melalui kelompok taninya masing masing.

"Saat ini Distan telah melakukan pendataan penerima dan kelompok taninya, semoga usulan tersebut dapat diterima demi kesejahteraan petani Seluma," tutup Arian. 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: