Iklan dempo dalam berita

Jangan Ragu Menikah, Ini 5 Janji Allah SWT Soal Jaminan Rezeki Setelah Menikah

Jangan Ragu Menikah, Ini 5 Janji Allah SWT Soal Jaminan Rezeki Setelah Menikah

Jangan Ragu Menikah, Ini 5 Janji Allah SWT Soal Jaminan Rezeki Setelah Menikah--

QS Ar Rum Ayat 21

Menikah memiliki banyak keutamaan, salah satunya ialah untuk menghindari maksiat zina di antara laki-laki dan perempuan. Di sisi lain, menikah juga dikatakan bisa menentramkan hati serta meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

BACA JUGA:9 Pernikahan Ini Tidak Sah Menurut Mazhab Syafii, Nomor 1 Kawin Kontrak

Namun demikian, menikah ada kalanya menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi calon pasangan suami istri. Terlebih bagi seorang calon suami, terkadang ia masih merasa khawatir dan ragu terkait apakah ia mampu memperoleh rezeki setelah menikah yang cukup bagi keluarganya. 

Hal ini wajar adanya, apalagi bagi yang masih belum berilmu cukup seputar agama terutama dalam hal perintah Allah seputar pernikahan. Kebanyakan orang masih ragu apakah mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari anak istrinya kelak. Namun, Allah berjanji untuk mencukupkan mereka yang menikah.

Lantas apa yang dimaksud rezeki setelah menikah?

Yang dimaksud dengan rezeki setelah menikah bisa dikaitkan dengan karunia Allah Ta’ala yang bisa berupa rezeki materi maupun non-materi. Akan tetapi, karunia ini dikatakan rezeki apabila di dalamnya terdapat manfaat untuk dirinya maupun orang lain.

BACA JUGA:Takut Menikah karena Hidup Masih Pas-pasan, Ingat Kata UAS, Akad Nikah Salah Satu Pintu Rezeki

Permisalan dari hal ini contohnya suatu ketika seorang ikhwan tak mempunyai kendaraan yang bisa digunakan untuk memberikan manfaat yang banyak bagi keluarganya sesudah menikah. Ia pergi ke mana-mana dengan naik bis atau angkutan umum.

Namun, berbekal ketaqwaan dan kebaikan-kebaikan yang dilakukannya, kemudian Allah membuka pintu-pintu rezeki baginya. Tanpa diduga ada dermawan yang menghadiahkan sebuah sepeda motor untuk keperluan pekerjaan dan dakwah. 

Sehingga motor tersebut kemudian dapat memberikan manfaat untuk menyebarkan kebaikan. Begitulah cara Allah SWT membukakan pintu-pintu rezeki-Nya sebagai “hadiah” untuk hamba-Nya yang mau mendekat ke arah kebaikan, semisal melalui gerbang pernikahan. 

BACA JUGA:Pasangan Ideal, Pernikahan Anak Sulung dan Bungsu Menurut Primbon Rezeki Selalu Lancar

Selain rezeki dalam bentuk materi seperti di atas, ada pula rezeki non materi pemberian Allah. Meski hidup dalam kesederhanaan, namun ia tetap istiqomah dan terus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: