Iklan dempo dalam berita

Ternyata Bukan Air Keran, Ini 4 Jenis Air yang Baik untuk Menyiram Tanaman

Ternyata Bukan Air Keran, Ini 4 Jenis Air yang Baik untuk Menyiram Tanaman

Ternyata Bukan Air Keran, Ini 4 Jenis Air yang Baik untuk Menyiram Tanaman--

Sebelum melakukan penyiraman, ada baiknya kamu memasukkan jari ke media tanam terlebih dahulu sekitar 2,5 cm. Langkah ini untuk merasakan bagaimana tekstur media tanamnya, kalau dirasa sudah kering maka kamu bisa melakukan proses penyiraman.

BACA JUGA:Lebih Bagus Tandon Air Stainless atau Plastik Alias Fiber? Begini Perbandingannya

2. Pastikan Siram pada Bagian Akar

Kamu nggak bisa melakukan penyiraman dengan asal karena hal tersebut mempengaruhi tingkat kelembaban tanah. Jika menyiram terlalu banyak air, maka bisa menyebabkan becek bahkan tanah sampai berlumpur.

Buat menghindari kondisi tersebut kamu bisa melakukan penyiraman langsung ke bagian akar. 

Pastikan untuk melakukannya secara perlahan untuk memastikan air bisa terserap dengan baik. Cara ini bisa membantu untuk meningkatkan tingkat kelembaban pada media tanamnya.

Usahakan jangan melakukan penyiraman secara berlebihan pada daun karena bisa meningkatkan adanya penyebaran penyakit pada tanaman. Hal inilah bisa berujung atau mengakibatkan tanaman jadi layu.

BACA JUGA:7 Alasan Kita Disarankan Pakai Tandon Air, Salah Satunya Hemat Listrik

3. Cek Kualitas Air

Sementara itu, kamu juga perlu mengecek kualitas air yang digunakan untuk penyiraman tanaman, pastikan jangan menggunakan air limbah seperti air kotor bekas cucian, air sabun, hingga campuran air dan deterjen.

Makanya itu, kamu bisa menggunakan air hujan atau air keran untuk menyiram tanaman. Sebab kedua air tersebut sangat aman dan dapat membantu meningkatkan kelembaban tanah. Sebenarnya penyiraman secara langsung bisa dilakukan, tapi akan lebih baik jika menggunakan penyaringan air untuk mendapatkan kualitas air yang lebih baik.

Pastikan juga suhu air yang digunakan untuk menyiram berada pada suhu normal atau suhu ruang, jadinya air nggak terlalu panas atau terlalu dingin.

4. Pastikan Takaran Air Pas

Kamu juga perlu memperhatikan jumlah air yang akan kamu siram ke tanaman karena nggak semua tanaman membutuhkan jumlah yang sama. Buat mengetahui berapa jumlah yang pas, kamu bisa mengeceknya dari ukuran daunnya.

Biasanya, tanaman dengan daun lebar dan besar akan membutuhkan banyak air, tujuannya agar pertumbuhannya lebih maksimal. Sedangkan untuk tanaman berdaun sedang butuh takaran air sesuai dengan ukurannya dan begitu pula dengan tanaman berdaun mini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: