Iklan dempo dalam berita

Uang Triliunan Rupiah Dibagi-bagi November dan Desember 2023, Cek Apa Kamu Kebagian

Uang Triliunan Rupiah Dibagi-bagi November dan Desember 2023, Cek Apa Kamu Kebagian

Uang Triliunan Rupiah Dibagi-bagi November dan Desember 2023, Cek Apa Kamu Kebagian--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah merogoh kocek negara sebesar Rp7,52 triliun untuk dana bantuan langsung tunai (BLT) El Nino yang akan dibagikan pemerintah pada November-Desember 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dana sebesar itu akan dibagikan ke setidaknya 18,8 juta warga miskin. Ia mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT ini diambil dari data Kementerian Sosial.

BACA JUGA:Mulai November, Buruan Cairkan Bansos Beras 10 Kg dan BLT El Nino

Kemudian tambahan bantuan beras akan diberikan kepada 21,3 juta kelompok penerima manfaat (KPM) sebesar 10 kg selama bulan Desember dengan total kebutuhan anggaran Rp2,67 triliun.

Apa Itu BLT El Nino?

Program BLT El Nino adalah bantuan sosial (bansos) yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk menghadapi potensi dampak negatif dari perubahan musim kemarau ke musim hujan.

BACA JUGA:Bansos Cair Serentak di November, Ibu-ibu Jangan Lupa Cek Rekening Ada Tambahan atau Tidak

Pemerintah menilai ancaman El Nino akan berdampak terhadap daya beli masyarakat dan produksi beras. Sebab itu, BLT El Nino diharapkan dapat menjadi bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengatasi situasi sulit yang dapat muncul akibat perubahan iklim ini.

Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa bansos ini akan diserahkan langsung kepada masyarakat melalui dua tahap, yaitu sebesar Rp200.000 pada November dan Rp200.000 pada Desember.

BACA JUGA:Bansos Beras 10 Kg Kembali Disalurkan, tapi Jumlah Penerima Dipangkas, Begini Cara Cek Namamu

Cara Cek Penerima BLT El Nino

Data keluarga penerima manfaat BLT El Nino diambil dari data Kementerian Sosial (Kemensos). Untuk mengecek, terdapat dua cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Lewat Situs Resmi Kemensos RI

- Kunjungi situs resmi Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id/ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: