Iklan dempo dalam berita

Penting Sebelum Ajukan Pinjaman, Begini Cara Cek Skor BI Checking Anda

Penting Sebelum Ajukan Pinjaman, Begini Cara Cek Skor BI Checking Anda

Cara cek skor BI checking--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – BI Checking adalah layanan untuk mengecek riwayat kredit atau pinjaman dari debitur.

Informasi skor kredit biasanya digunakan untuk proses pengajuan pembiayaan seperti KPR atau kredit kendaraan bermotor hingga pengajuan pinjaman tunai ke bank dan pengajuan kartu kredit.

Apabila dalam BI Checking terdapat catatan buruk atas riwayat pembayaran kredit, maka bisa berakibat permohonan pengajuan pinjaman debitur ke depannya menjadi lebih sulit dan susah disetujui oleh pihak bank.

BACA JUGA:Bingung Namamu Masuk BI Checking karena Galbay, Tenang Berikut Cara Membersihkannya Lagi

Layanan BI Checking ini sendiri sebenarnya telah beralih dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selanjutnya layanan yang sebelumnya dikenal sebagai BI Checking sudah berganti nama. Sejak 1 Januari 2018, BI Checking atau SID (Sistem Informasi Debitur) sudah berganti nama menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang dikelola oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

SLIK sendiri merupakan sistem operasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang bertujuan melaksanakan tugas dan pelayanan informasi keuangan, termasuk salah satunya adalah penyediaan informasi debitur (iDeb).

Pengecekan BI Checking atau yang kini dikenal sebagai SLIK OJK pun bisa dilakukan dengan mudah oleh masyarakat. OJK menyediakan dua pilihan pengecekan, baik secara offline maupun online.

BACA JUGA:Tandon Air Kotor, Ga Usah Ganti Baru,Ini Cara Mengatasi Lumut yang Ada Didalam Tandon, Cukup Gunakan Cat

Nantinya, SLIK dapat dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, pengelolaan sumber daya manusia pada Pelapor SLIK, verifikasi untuk kerja sama Pelapor SLIK dengan pihak ketiga, dan meningkatkan disiplin industri keuangan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara melakukan pengecekan SLIK OJK secara online, berikut ini ada langkah-langkah lengkap untuk untuk mendapatkan informasi IDEB SLIK secara online.

• Buka aplikasi lewat laman web idebku.ojk.go.id

• Klik menu Pendaftaran pada halaman utama aplikasi iDebKU OJK

• Cek ketersediaan layanan dengan mengisi seluruh kolom yang ditampilkan, lalu klik Selanjutnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: