Iklan dempo dalam berita

Balai Benih Ikan 4 BBI Rejang Lebong Mati Suri, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 4,7 Miliar untuk Rehabilitasi

Balai Benih Ikan 4 BBI Rejang Lebong Mati Suri, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 4,7 Miliar untuk Rehabilitasi

Balai Benih Ikan 4 BBI Rejang Lebong Mati Suri, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 4,7 Miliar untuk Rehabilitasi--

REJANG LEBONG, RBTVCAMKOHA.COM - Saat ini Kabupaten Rejang Lebong memiliki empat balai benih ikan, diantaranya BBI Belumai di Kecamatan Padang Ulak Tanding, BBI Babakan Baru di Kecamatan Bermani Ulu, BBI Rimbo Recap dan BBI Dusun Baru di Kecamatan Curup Selatan.


Namun sayang semuanya saat ini mati suri, pengelolaannya tidak maksimal.

BACA JUGA:Bukan Langsung Hapus Aplikasi, tapi Seperti Ini Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong Zulkarnain, untuk memaksimalkan kembali, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, diantaranya pengusulan dana dari pemerintah pusat yang tahun 2024 mendatang diterima DAK sebesar Rp 4,7 miliar, dipergunakan untuk perbaikan rehabilitasi balai pendidikan di Desa Belumai Kecamatan Padang Ulak Tanding.


“Sejauh ini kita sebenarnya terus melakukan upaya guna memaksimalkan pengelolaan, kita juga sudah mencoba melakukan pengusulan dana ke pemerintah pusat yang nantinya di tahun 2024 dananya akan kita terima sebesar 4, 7 miliar,” tutur Zulkarnain.


BACA JUGA:Tahun Depan Provinsi Bengkulu Punya Pabrik Es, Pemprov Siapkan Rp 2,2 Miliar, tapi Lokasinya Jauh

Tahun ini menurut Zulkarnain, pihaknya mengadakan 2.400 ekor indukan nila untuk balai benih ikan di Dusun Baru, Desa Sukamarga, Kecamatan Curup Selatan.

“Iya tahun 2023 ini Kabupaten Rejang Lebong bersama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan mengadakan untuk pemberdayaan benih ikan di Balai Ikan, kita membeli bibit induk ikan sebanyak enam paket. Satu paketnya berjumlah 400 ekor. Itu kita baru bia mengakomodasi untuk BBI Dusun Baru,” tambahnya.

BACA JUGA:Beda Oli Motor Matic dan Manual, Ini Efeknya Bagi Mesin Bila Salah Isi

Diharapkan semua kolam balai benih ikan yang ada tersebut dapat beroperasi kembali secara optimal, untuk menghasilkan ikan air tawar agar Rejang Lebong kembali menjadi produsen ikan air tawar jenis nila.

Handril Waldinata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: