Iklan dempo dalam berita

Petani Sawit Ini Bisa Menghasilkan TBS Seberat 85 Kg, Ternyata Ini Rahasianya

Petani Sawit Ini Bisa Menghasilkan TBS Seberat 85 Kg, Ternyata Ini Rahasianya

Rahasia petani bisa menghasilkan TBS seberat 85 kilogram--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Sumatera yang berprofesi sebagai petani sawit. Agar kebun mereka menghasilkan keuntungan besar, berbagai cara dilakukan. 

Mulai dari pemilihan bibit, proses penanaman yang tepat dan terpenting soal pemupukan. Namun walaupun sudah melakukan itu semua, seringkali hasil yang didapati tidak seperti yang diinginkan.

Namun berbeda dengan petani ini. Namanya Sugiarto, seorang petani sawit dari Desa Tidar Kuranji, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi. Kebun sawit milik Sugiarto bisa menghasilkan tandan buah segar (TBS) seberat 85,02 kilogram (kg).

BACA JUGA:Aliran Air dari Tandon Mampet? Kemungkinan Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahkan beberapa tahun lalu, TBS dari kebun milik Sugiarto ini tercatat pemegang rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tandan buah segar (TBS) terberat. 

Apa rahasianya kebun Sugiarto bisa menghasilkan TBS 85 kilogram? Menurut penuturannya, selama ini dirinya berusaha maksimal dalam memelihara tanaman sawitnya. Dia pun selalu mengikuti bimbingan petugas dari PT Inti Indo Sawit Subur yang merupakan anggota Gapki Cabang Jambi. Sugiarto merupakan anggota petani plasma PT Inti Indo Sawit Subur.

“Saya selalu ngopeni kebun saya sesuai arahan perusahaan. Kalau disuruh dibersihkan, ya saya bersihkan. Kalau disuruh dipupuk ya saya pupuk. Pokoknya saya ngikut saja,” ujar Sugiarto.  

Sugiarto mengatakan, dirinya memiliki dua hektare (ha) kebun sawit, pemberian pemerintah. Kebun tersebut kemudian ditanami sawit pada 1993 menggunakan benih pemberian perusahaan.

BACA JUGA:Pengajuan Shopee PayLater Ditolak? Ternyata Hal Sepele Ini Penyebabnya

Dari dua hektare kebun sawitnya ini rata-rata tiap bulan menghasilkan TBS sebanyak 6 ton. 

 

Bibit Unggul

Bibit sawit yang ditanam di kebun milik Sugiarto merupakan bibit unggul bersertifikat. 

TBS yang dihasilkan oleh kebun milik Sugiarto memang luar biasa besar. Sebab rata-rata TBS beratnya berkisar 25-35 kg. Tidak semua tanaman yang berada di kapling petani itu bisa menghasilkan TBS seberat 85,02 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: