Iklan dempo dalam berita

Di Rumah Ada Tikus, Hati-hati Anda dan Keluarga Bisa Tertular 6 Penyakit Ini

Di Rumah Ada Tikus, Hati-hati Anda dan Keluarga Bisa Tertular 6 Penyakit Ini

6 jenis penyakit yang bisa ditularkan tikus kepada manusia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Keberadaan tikus di rumah bisa membahayakan penghuni rumah. Bukan karena tikus tersebut menyerang langsung manusia, namun hewan pengerat ini bisa menularkan penyakit-penyakit kepada manusia. 

Tikus atau hewan pengerat lain bisa menularkan penyakit kepada manusia melalui sejumlah cara. Satu di antaranya adalah melalui kontak dengan kotoran, feses, liur, atau material sarang tikus dan hewan pengerat yang membawa kuman. 

Cara lainnya adalah melalui gigitan atau kontak langsung dengan tikus dan hewan pengerat yang membawa kuman. 

BACA JUGA:Masih Bingung Bayar Tagihan Listrik Pakai Shopee PayLater? Ikuti Langkah Berikut, Hitungan Menit Selesai

Setidaknya, ada enam penyakit berbahaya bagi manusia yang bisa ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat. Berikut ini adalah keenam penyakit tersebut. 

1. Infeksi Hantavirus 

Hantavirus merupakan virus yang bisa ditemukan pada tikus berkaki putih, tikus kapas, dan tikus padi. Infeksi hantavirus bisa berpotensi mengancam jiwa pada manusia. 

Beberapa gejala dari infeksi hantavirus adalah demam, lelah, nyeri otot, diare, sakit perut, mual, dan muntah. Hingga saat ini, belum ada terapi spesifik, obat, atau vaksin untuk infeksi hantavirus. 

BACA JUGA:Baru Tahu, Ternyata 7 Bahan Dapur Ini Bisa Mencegah Tikus Masuk Rumah

2. Infeksi LCMV 

Lymphocytic choriomeningitis virus atau LCMV merupakan virus yang umum ditemukan pada tikus rumah. Infeksi LCMV biasanya terjadi dalam dua tahapan. Tahap pertama ditandai dengan munculnya gejala, seperti mual, muntah, nyeri otot, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan. 

Di tahap kedua, infeksi LCMV akan memunculkan masalah neurologis, seperti meningitis, ensefalitis, dan meningoensefalitis. 

3. Penyakit Pes 

Ada tiga jenis penyakit pes yang bisa mengenai manusia. Ketiga jenis penyakit pes tersebut adalah septicemic plague, bubonic plague, dan pneumonic plague. Ketiga jenis penyakit pes ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang sama, yaitu Yersinia pestis. Tikus merupakan salah satu hewan yang bisa menularkan Yersinia pestis kepada manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: