Iklan dempo dalam berita

Waspada Hama Ulat Api pada Tanaman Sawit, Ini 3 Cara Tepat Mengendalikannya Agar Tidak Merugi

Waspada Hama Ulat Api pada Tanaman Sawit, Ini 3 Cara Tepat Mengendalikannya Agar Tidak Merugi

Waspada Hama Ulat Api pada Tanaman Sawit, Ini 3 Cara Tepat Mengendalikannya Agar Tidak Merugi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu ancaman terhadap keberlangsungan usaha perkebunan kelapa sawit adalah serangan OPT. 

Salah satu OPT yang dapat mempengaruhi kualitas, produksi, dan produktivitas Kelapa Sawit adalah Ulat Api. Serangan Ulat Api pada tanaman kelapa sawit dapat berpengaruh pada penurunan produksi.

BACA JUGA:Petani Sawit Wajib Tahu, Jenis Gulma dan Penggunaan Herbisida yang Tepat Untuk Tanaman Sawit

Ulat Api merupakan serangga yang berasal dari Ordo Lepidoptera dan Famili Limacodidae. 

Terdapat empat spesies Ulat Api yang umum menyerang Kelapa Sawit, yaitu: Setothosea asigna, Setora nitens, Darna trima, dan Parasa lepida. Penyebutan Ulat Api pada OPT ini disebabkan oleh struktur seperti duri-duri yang menyelubungi tubuhnya mengandung toksin yang dapat menimbulkan rasa gatal, sakit, dan sensasi seperti terbakar apabila tersentuh kulit.

BACA JUGA:Agar Sawit Tumbuh Subur, Ini 4 Teknik Dasar yang Wajib Diketahui Saat Menanam Sawit

Ulat Api menyerang bagian daun Kelapa Sawit dan mampu menghabiskan daun hingga helaian daun berlubang atau habis hingga meninggalkan bagian yang dekat dengan tulang daun. Kehilangan daun dapat mencapai 90% per pelepah daun.

Hal tersebut dapat mengganggu terjadinya proses fotosintesis pada tanaman sehingga menghambat proses pembentukan bunga dan buah yang berdampak pada penurunan kualitas, produksi, dan produktivitas Kelapa Sawit.

BACA JUGA:Program Replanting Sawit,Pengadaan Pupuk Dan Bibit Wajib yang Bersertifikat

Pengendalian Hama Ulat Api pada Kelapa Sawit

Setelah mengetahui jenis-jenis dan siklus ulat api, para pengusaha dan petani sawit wajib mengetahui metode-metode pengendalian hama ulat api yang dapat menyerang tanaman sawit. 

Untuk mengendalikan populasi hama ulat api di perkebunan kelapa sawit, petani dapat memadukan metode pengendalian baik secara mekanis, biologi, dan kimia. 

BACA JUGA:Kebun Sawit Bebas Hama, Ini 4 Jenis Tanaman Pembasmi Hama Kelapa Sawit

Namun, dalam hal mengendalikan hama, akan bijak jika menggunakan prinsip-prinsip yang tidak merusak lingkungan, sehingga penggunaan pestisida harus digunakan sebagai opsi terakhir. Apa saja caranya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: