Iklan dempo dalam berita

Jamur Ganoderma Sebabkan Ancaman Serius Perkebunan Sawit, Ini Cara Mengendalikannya

Jamur Ganoderma Sebabkan Ancaman Serius Perkebunan Sawit, Ini Cara Mengendalikannya

Jamur Ganoderma Sebabkan Ancaman Serius Perkebunan Sawit, Ini Cara Mengendalikannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penyakit Ganoderma atau sering disebut sebagai penyakit busuk pangkal batang yang merupakan salah satu masalah yang sering ditemui di perkebunan kelapa sawit. 

Penyakit yang disebabkan oleh cendawan Ganoderma boninense ini menjadi ancaman yang besar karena dapat menurunkan tingkat produksi akibat kematian tanaman.

BACA JUGA:Mengenal Jamur Ganoderma Kelapa Sawit, Bisa Sebabkan Kematian Tanaman Kelapa Sawit

Setelah mengetahui lebih jelas mengenai penyakit Ganoderma pada artikel sebelumnya, kini saatnya kamu mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit Ganoderma, baik sebelum melakukan penanaman, atau ketika tanaman sudah mulai terserang penyakit. 

Dengan upaya pencegahan dan pengendalian yang tepat, infeksi cendawan ini akan teratasi dengan baik.

BACA JUGA:Bingung Memilih Bibit Sawit Berkualitas? Ini Ciri-ciri Bibit Kelapa Sawit Unggul

Nah, pemaparan berikut ini akan mengulas bagaimana sebaiknya Anda mengelola tanaman sawit agar tercegah dari serangan jamur penyebab penyakit Busuk Pangkal Batang (Basal Stem Rot/BSR) yang mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas pada tandan buah segar (TBS) pohon bahkan kematian pada tanaman. Silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Lakukan Sensus Sejak Dini untuk Pengendalian Jamur Ganoderma

Jika sudah terdapat basidokarp Ganoderma di pohon maka dapat dipastikan pohon tersebut telah memasuki stadium 3 & 4 dan pastinya sekelilingnya juga sudah terinfeksi Ganoderma sehingga harus segera dilakukan sensus tingkat keparahan.

BACA JUGA:Waspada Hama Ulat Api pada Tanaman Sawit, Ini 3 Cara Tepat Mengendalikannya Agar Tidak Merugi

Deteksi dini penyakit busuk pangkal batang sangat dibutuhkan untuk pengendalian Ganoderma agar dapat menentukan stadium serangan Ganoderma dan stadium penyebaran di areal pertanaman. Pengamatan ciri-ciri tahap awal seperti penampakan daun tombak yang ganda dan tanda adanya basidiokarp Ganoderma pada pangkal batang.

2. Lakukan Sensus Sejak Dini untuk Pengendalian Jamur Ganoderma

Pada umumnya, para praktisi pekebun belum paham bahwa pada daerah endemik Ganoderma sebenarnya karena inokulumnya telah menyebar dan bertahan dikebun, sehingga tanaman sesehat apapun pasti akan terserang juga. Sumber inokulum Ganoderma tersebut seperti sisa-sisa kayu land clearing, pohon yang sawit mati serta masih terdapatnya pengembalaan ternak di areal kebun. Pemusnahan sumber inokulum Ganoderma merupakan salah satu cara membasmi Ganoderma.

BACA JUGA:Petani Sawit Wajib Tahu, Jenis Gulma dan Penggunaan Herbisida yang Tepat Untuk Tanaman Sawit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: