Iklan dempo dalam berita

Sudah Tahun 2023, Harga Karet Masih Juga Segini

Sudah Tahun 2023, Harga Karet Masih Juga Segini

Sudah Tahun 2023, Harga Karet Masih Juga Segini--

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Harga getah karet tingkat petani di Kabupaten BENGKULU UTARA belum menunjukan perubahan. Masih sama seperti akhir tahun lalu.

BACA JUGA:Waduh, Mobil Wabup Bengkulu Selatan Digerebek

Update harga getah karet sabtu (7/1), dari petani ke pengepul masih berkisar di Rp 6.000 per Kilogram.

Herman, salah seorang pengepul karet di Kecamatan Arma Jaya mengatakan, beli karet dari petani dengan harga Rp 6.000 lantaran menyesuaikan harga jual di pabrik.

BACA JUGA:DPD Asal Bengkulu Sejak Pertama, Ada yang Sampai 20 Tahun

"Di pabrik masih berkisar 8.000 rupiah per Kilogram. Jadi standar kami ambil dari petani 6.000 per Kilogram," kata Herman.

Meski harga karet masih terbilang rendah, namun masih banyak petani yang menjual karet ke pengepul. Alasannya karena memang para petani tersebut menggantungkan hidup dari getah karet.

BACA JUGA:Satu-satunya di Provinsi Bengkulu, Jembatan Penyeberangan Orang hanya Ada di Sini

Harapan petani karet, harga karet di tingkat petani ke pengepul diharapkan dapat mencapai sekitar Rp 8.000 hingga Rp. 10.000 per Kilogram.

"Kalau saja di pabrik membeli karet 14.000 sampai 15.000 per kilo, tentu harga karet di tingkat petani bisa kisaran 10.000 rupiah. Itu harapan petani," ucap Herman.

BACA JUGA:Goyang 'Ambyar' Ala Pocil Pukau Undangan Hut Ke- 19 Kepahiang

Kemudian pasca tutupnya pabrik karet PT Batanghari Bengkulu Pratama (BBP) pada akhir Desember tahun lalu, tidak terlalu mempengaruhi aktivitas jual beli karet petani.

Sebab para pengepul masih dapat menjual karet di pabrik milik PT Bukit Angkasa Makmur (BAM). Kadang para pengepul juga menjual karet ke luar Bengkulu.

BACA JUGA:Ini 11 Titik Jalan dan Irigasi di Kaur yang akan Segera Dibangun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: