Iklan dempo dalam berita

Awasi Penyaluran Pupuk Subsidi, Jangan Ada Permainan. Ini Harga Pupuk Subsidi Tahun 2023

Awasi Penyaluran Pupuk Subsidi, Jangan Ada Permainan. Ini Harga Pupuk Subsidi Tahun 2023

--foto: net

JAKARTA, BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Pemerintah pusat kembali menyalurkan pupuk subsidi tahun ini. Walaupun peruntukannya banyak berkurang dibanding tahun sebelumnya.

Ketentuan pembagian kuota pupuk subsidi dan harganya berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 734 tahun 2022 tentang Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian tahun 2023.

BACA JUGA:Harga Pupuk Mahal, Ini Daftar Kuota Pupuk Subsidi di Dua Kabupaten dan Kota Bengkulu

Dalam peraturan tersebut dijelaskan, tahun ini pemerintah pusat menyiapkan alokasi pupuk subsidi sebanyak 9.013.706 ton. Rinciannya 5.570.330 ton Pupuk Urea, 3.232.373 ton Pupuk NPK dan 211.003 ton Pupuk NPK Formula Khusus.

Sedangkan untuk harga eceran tertinggi, Pupuk Urea Rp 2.250 per Kilogram, Pupuk NPK Rp 2.300 per Kilogram dan Pupuk NPK Formula Khusus Rp 3.300 per Kilogram.

BACA JUGA:Sulit Dapat Pupuk Subsidi?, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kaur Punya Puluhan Ribu Ton Pupuk Subsidi

Pupuk subsidi ini akan didistribusikan oleh 649 distributor wilayah barat dan 364 distributor wilayah timur. Dalam proses distribusi, para distributor diminta menerapkan sistem digitalisasi Pupuk Indonesia yakni Aplikasi Rekan.

“Kami berharap distributor mendukung program kerja Pupuk Indonesia dalam mendukung penyediaan pupuk di tingkat petani,” ujar SEVP Operasi Pemasaran Pupuk Indonesia, Gatot Gembiro Noegroho.

BACA JUGA:2023, Hanya 9 Jenis Tanaman yang Dapat Pupuk Subsidi di Rejang Lebong

Mendukung proses distribusi tepat sasaran, pada 14 hingga 15 Desember 2022 lalu telah dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) pupuk subsidi 2023 di Bali.

Pemerintah berharap penyaluran pupuk subsidi tahun ini bisa mendekati angka 100 persen. Untuk mencapai itu semua, diperlukan komitmen para distributor. Secara rutin, kinerja para distributor juga akan dievaluasi.

BACA JUGA:Bengkulu Dapat 84 Ribu Ton Pupuk Subsidi, Target Akhir Januari Bisa Dibeli Petani

 

Tim Liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: