Iklan dempo dalam berita

Banyak Ajakan Boikot Produk Israel, Ini Daftar Produk Israel yang Dijual di Indonesia

Banyak Ajakan Boikot Produk Israel, Ini Daftar Produk Israel yang Dijual di Indonesia

Foto ilustrasi. Daftar produk Israel yang dijual di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Perang antara Hamas dan Israel saat ini mengundang perhatian dunia internasional. Tidak hanya level pemerintahan, masyarakat dunia juga bereaksi. 

Diantara reaksi tersebut, khususnya di Indonesia banyak ajakan untuk memboikot produk-produk Israel sebagai bentuk protes terhadap negara itu. Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sejumlah komoditas yang diimpor dari Israel ke Indonesia. 

"Kalau kita tidak memiliki hubungan diplomatik tidak berarti secara ekonomi kita tidak boleh melakukan hubungan dagang. Tetap bisa dilakukan karena ini sifatnya business to business," kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti.

BACA JUGA:Bolehkah Orang Berutang tapi Tetap Sedekah? Begini Pandangan Islam

Dia menjelaskan komoditas utama barang impor dari Israel yaitu mesin peralatan mekanis dan bagiannya. Begitu juga dengan perkakas dan peralatan logam tidak mulia, serta mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya.

"Total impor Israel selama Januari sampai September 2023 adalah 14,4 juta dolar AS," ujar Amalia.

Sementara itu, nilai impor Israel ke Indonesia pada 2020 adalah 56,5 juta dolar AS. Lalu pada 2021 nilai impornya mencapai 26,5 juta dolar AS dan pada 2022 mencapai 47,8 juta dolar AS.

Sebelumnya, konflik Palestina-Israel kembali memanas ketika Hamas mulai melakukan Operasi Badai Al Aqsa yakni serangan mendadak dari segala penjuru. Serangan tersebut dilakukan termasuk serentetan peluncuran roket dan penyusupan ke Israel lewat jalur darat, laut, dan udara.

BACA JUGA:Mau Beli Tandon Air, Ini Pilihan Merek Penguin, Cek Ukuran dan Kapasitasnya di Sini

Hamas mengungkapkan bahwa operasi tersebut sebagai balasan atas penyerbuan terhadap Masjidil Aqsa di wilayah Yerusalem Timur yang diduduki, dan peningkatan kekerasan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi untuk menargetkan Hamas di Jalur Gaza. Aksi balasan tersebut meluas hingga memutus pasokan air dan listrik ke Jalur Gaza sehingga memperparah kondisi kehidupan di wilayah yang terkepung sejak 2007.

 

Produk Israel yang Laris di Indonesia

1. Ahava

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: