Iklan RBTV Dalam Berita

Inilah 3 Ciri Pengikut Nabi Muhammad SAW, Dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al-Fath Ayat 29

Inilah 3 Ciri Pengikut Nabi Muhammad SAW, Dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al-Fath Ayat 29

Inilah 3 Ciri Pengikut Nabi Muhammad SAW, Dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al-Fath Ayat 29--

BACA JUGA:Ilmuan Temukan Terowongan yang Diklaim Jalan Menuju Harta Peninggalan Nabi Sulaiman

Mereka menunaikan solat dengan ikhlas karena Allah dan mengharapkan limpahan rahmat serta keagungan pahala dari Allah swt. Solat juga akan memberikan dampak dalam keseharian mereka sebagaimana disebutkan bahwa sholat itu menjaga kita dari perbuatan keji dan mungkar.

3. Bersinar dan bercahaya wajahnya di dunia dan di akhirat.

Menurut Quraish Shihab, lafadz (bekas sujud)  أَثَرِ ٱلسُّجُودِhendaknya jangan difahami sebagai tanda hitam di dahi. Namun bekas sujud ini lebih dimaknai sebagai  wibawa, kharisma dan kehusyu’an yang tampak pada seseorang. 

BACA JUGA:Begini Anjuran Nabi Muhammad untuk Bangun Rumah, Termasuk Pengaturan Toilet

Sehingga bila ia dilihat maka yang melihatnya akan tergugah untuk berdzikir, bila ia berkata maka perkataannya menghadirkan kekhusyu’an dan ketundukan kepada Allah walapun penampilannya sederhana.

Ditambahkan oleh Wahbah Az-Zuhaili bahwa sebagian Ulama mengatakan amal kebaikan meninggalkan jejak sinar di dalam hati, cahaya di wajah, dan keluasan rezeki. 

Maksud ayat ini adalah berbagai jelak ibadah yang ikhlas dilakukan hanya kepada Allah akan tampak pada raut muka orang mukmin. Adapun di akhirat wajah umat nabi Muhammad saw akan bersinar karena sering dibasahi oleh air wudhu yang menjadi syarat sahnya Solat.

Demikianlah ciri-ciri umatnya Nabi Muhammad saw yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Ciri-ciri ini semua bisa kita gapai dengan cara selalu meningkatkan taat kepada Allah dengan cara mengerjakan semua perintah dengan niat mendapatkan ridho-Nya, serta sebisa mungkin berusaha menjauhkan diri dari segala larangan-Nya.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: