Iklan dempo dalam berita

Harganya memang Lebih Mahal, tapi Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Harganya memang Lebih Mahal, tapi Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada banyak pilihan minyak goreng yang dijual di pasaran. Ada minyak goreng dari kelapa sawit, ada dari kelapa dan ada pula minyak zaitun.

Dibanding minyak goreng dari kelapa sawit dan kelapa, harga minyak zaitun memang lebih mahal. Namun harga lebih mahal itu sebanding dengan manfaatnya untuk kesehatan. 

Sebagai salah satu jenis minyak yang sehat dan baik untuk kesehatan, minyak zaitun punya kandungan nutrisi yang bermanfaat buat kulit dan kesehatan tubuh Anda. Namun, mungkin masih banyak yang belum pernah melihat minyak zaitun atau mengenal jenis minyak ini.

BACA JUGA:BCA Buka Lowongan Kerja, Gaji hingga Rp 5,5 Juta per Bulan, Lulusan SMA dan SMK Bisa Daftar

Minyak zaitun merupakan produk olahan yang diambil dari ekstrak buah zaitun. Jadi, buah zaitun dihancurkan menjadi pasta dan dimasukkan melalui proses sentrifugasi atau membentuk endapan dan menyisakan cairan untuk memisahkan minyaknya.

Nantinya, hasil pemisahan minyak tersebut disimpan dalam tangki stainless steel yang terhindar dari sinar matahari dan oksigen. Pada akhirnya, minyak zaitun bakal disimpan dalam botol kaca gelap agar tetap sehat.

Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun atau olive oil terbagi menjadi tiga varian, yakni extra virgin, virgin, dan refined (light). Berikut penjelasannya:

1. Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil adalah minyak zaitun yang melalui proses cold pressed. Jadi, buah zaitun hanya diperas, tidak diolah dengan bahan kimia dan tidak diubah oleh suhu tertentu.

BACA JUGA:Sering Konsumsi Makanan Asam? Berikut 5 Efek Samping yang Perlu Diwaspadai Untuk Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun jenis ini punya tingkat keasaman satu persen, rasa yang lebih kuat, dan harga paling mahal. Umumnya, extra virgin olive oil berwarna hijau keemasan atau hijau cerah. Semakin pekat warna minyak zaitun jenis ini, semakin kuat cita rasanya. Ini juga menandai banyak kandungan vitamin dan mineral alami yang ada.

2. Virgin Olive Oil

Selanjutnya ada minyak zaitun jenis virgin. Sebenarnya, proses ekstraksi virgin olive oil kurang lebih sama seperti jenis minyak zaitun extra virgin. Namun, tingkat keasamannya lebih tinggi sedikit di kisaran 1-3 persen.

Jenis minyak zaitun ini adalah kualitas tertinggi kedua dan mempunyai rasa enak. Biasanya minyak zaitun jenis ini cocok ditambahkan untuk olesan pada roti, tumisan sayur, dan salad dressing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: