Iklan dempo dalam berita

Sering Konsumsi Makanan Asam? Berikut 5 Efek Samping yang Perlu Diwaspadai Untuk Kesehatan Tubuh

Sering Konsumsi Makanan Asam? Berikut 5 Efek Samping yang Perlu Diwaspadai Untuk Kesehatan Tubuh

Sering Konsumsi Makanan Asam? Berikut 5 Efek Samping yang Perlu Diwaspadai Untuk Kesehatan Tubuh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Setiap orang memiliki selera masing-masing soal makanan dan minuman. Misalnya, ada yang lebih suka hidangan manis, asin, pedas, hingga asam. Makanan dengan rasa asam ini memang sering dianggap nikmat. Bahkan, ada sejumlah orang yang lidahnya tak mudah merasa kecut saat mengonsumsi makanan asam.

Anda mungkin pernah mendengar klaim bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan asam menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. 

BACA JUGA:Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan yang Dibakar, Bisa Memicu Kanker

Melansir dari berbagai sumber, masalah ini berkisar dalam level ringan seperti sakit perut hingga level berat seperti kanker. The American Institute for Cancer Research memang membantah mitos ini. Namun, mengonsumsi makanan asam dapat menyebabkan masalah lain jika Anda memiliki masalah kesehatan yang dipicu oleh asam.

Pola makan yang memasukkan terlalu banyak makanan penghasil asam, dapat menyebabkan keasaman dalam urin serta efek negatif kesehatan lainnya. 

Terlalu banyak keasaman juga dapat menyebabkan kerusakan tulang dan otot

BACA JUGA:Yang Suka Konsumsi Miras Segera Tobat, Ini Efek Samping Jangka Panjang Minuman Beralkohol

Beberapa bukti menunjukkan bahwa asam fosfat, umumnya ditemukan dalam soda yang lebih gelap, terkait dengan kepadatan tulang yang lebih rendah.

Penting untuk membatasi jumlah konsumsi makanan dengan kadar asam yang tinggi. Berikut dampak negatif terlalu sering mengonsumsi makanan asam.

1. Menyebabkan Hipoglikemia

Asupan asam secara teratur dalam jumlah besar dapat menyebabkan penurunan signifikan kadar glukosa serum, yang mengakibatkan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kadar gula darah (glukosa) yang sangat rendah, sumber energi utama tubuh.

BACA JUGA:Bahaya dan Efek Samping Konsumsi Minuman Berenergi Terus Menerus, Banyak yang Belum Tahu

Hipoglikemia sering berkaitan dengan pengobatan diabetes. Namun, berbagai kondisi salah satunya terlalu sering mengonsumsi makanan asam. Pengobatan segera hipoglikemia diperlukan ketika kadar gula darah mencapai 70 miligram per desiliter (mg / dL) atau 3,9 milimol per liter (mmol / L) atau lebih rendah.

2. Pengeroposan Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: