Iklan dempo dalam berita

10 Jenis Tanaman Obat yang Lazim Ada di Dapur, Nomor 9 Khasnya Negara Spaghetti

10 Jenis Tanaman Obat yang Lazim Ada di Dapur, Nomor 9   Khasnya Negara Spaghetti

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA. COM - Bangsa Indonesia sejak dari zaman nenek moyang kita dahulu kala, sudah terbiasa menggunakan obat tradisional yang saat ini biasa dikenal obat herbal. Obat tersebut berasal dari yang namanya tumbuhan yang dikenal menjadi tanaman obat. Tahukah kamu? Sebagian besar jumlah tanaman atau tumbuhan obat-obatan ada di negara Indonesia loh! Tanaman atau tumbuhan obat sendiri diketahui memiliki jenis sebanyak 40.000 jenis tanaman obat-obatan.

BACA JUGA:Tanaman Obat dan Bumbu Dapur ini Bisa Untuk Meredahkan Batuk Loh, Asli Herbal Non Kimia

Tanaman obat kini makin populer karena kaya manfaat dan mendukung gaya hidup sehat dan alami keluarga. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut juga bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah dengan cukup gampang. Walaupun sekarang kemajuan medis dan teknologi modern sudah sangat pesat, penggunaan obat herbal masih terus eksis. Adapun manfaat obat herbal dapat berasal dari daun, batang, bahkan hingga daunnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah tanaman obat populer dan lazimnya berada di dapur. 

BACA JUGA:Terlanjur Pesan dan Ingin Batalkan Pesanan Shopee PayLater? Tidak Usah Bingung, Hitungan Menit Disetujui

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang cukup populer sebagai bahan pengobatan herbal. Tanaman rimpang ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengobati pilek, mual, pilek, migrain, dan tekanan darah tinggi.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang cukup populer sebagai bahan pengobatan herbal. Tanaman rimpang ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengobati pilek, mual, pilek, migrain, dan tekanan darah tinggi. 

Jahe juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala, vertigo, serta dapat juga meringankan nyeri haid, meredakan rematik. Walau memiliki banyak manfaat, sebaiknya jahe tidak dikonsumsi berlebihan, yakni cukup 5 gram atau setara 1 sendok teh setiap harinya.

BACA JUGA:Pilih 3 kali Bayar, Biaya Cicilan GoPay Later hanya Segini Per Bulan

2. Lengkuas

Tanaman obat selanjutnya yang tak kalah populer dengan jahe adalah lengkuas. Merujuk laman Netmeds, lengkuas kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan serat. Lengkuas atau yang juga dikenal dengan sebutan laos ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meredakan kram otot, mencegah flu, dan mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

3. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang juga banyak dimanfaatkan orang-orang sebagai bahan alami pengobatan. Kunyit mengandung kurkumin dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat yang dapat menjaga sistem pencernaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: