Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Menjernihkan Minyak Jelantah, Ternyata Bisa Pakai Nasi

Begini Cara Menjernihkan Minyak Jelantah, Ternyata Bisa Pakai Nasi

Cara menjernihkan minyak jelantah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tidak sedikit kaum ibu rumah tangga yang menggunakan minyak goreng berulang kali atau biasa disebut minyak jelantah. 

Sebaiknya gunakan minyak goreng sekali pakai. Namun demi penghematan, boleh-boleh saja menggunakan minyak goreng lebih dari selali, namun jangan berulang-ulang kali. Maksimal 2-3 kali pemakaian saja. 

Minyak goreng yang dipakai terus-menerus disinyalir berbahaya dan dapat menimbulkan beberapa gangguan. Namun jika kamu memang mau berhemat, cobalah untuk menyimpan dan menjernihkan minyak goreng bekas dengan cara di bawah ini:

BACA JUGA:Lowongan Pekerjaan BUMN PT Hutama Masih Dibuka Hingga 13 November, Dibutuhkan Lulusan D3 Sampai S1

1. Simpan Minyak Goreng Dalam Keadaan Sudah Bersih

Kamu bisa membersihkan minyak goreng dengan menyaringnya agar ampas yang ditinggalkan nggak ikut tersimpan ke dalam wadah yang sama. Sebab, ampas dan sisa makanan dalam minyak goreng bekas bisa membuat bakteri berbahaya berkembang di dalamnya.

2. Pisahkan Minyak Goreng Sesuai Penggunaannya

Cara menjernihkan minyak goreng bekas selanjutnya adalah memisahkan minyak goreng sesuai dengan penggunaannya. Minyak goreng akan memiliki bau seperti apa yang telah digorengnya. Agar bau nggak tercampur dan minyak gorengmu tetap bisa digunakan, baiknya pisahkan minyak goreng sesuai penggunaannya, ya! Kan nggak enak kalau minyak goreng bekas ikan kamu campur dengan minyak bekas goreng donat.

BACA JUGA:Dibuka Lowongan Kerja Posisi Security Bank di PT GDPS, Ini Syarat Utamanya

3. Gunakan Wadah Kering untuk Menyimpan Minyak Goreng 

Wadah yang kotor dan basah bisa menimbulkan penyakit yang nantinya berkembang di minyak goreng bekas milikmu. Gunakan wadah yang bersih, kering, dan tertutup supaya minyak goreng nggak tercemar bakteri saat disimpan. Selain itu, kamu juga perlu memastikan minyak goreng dalam keadaan dingin sebelum dituang ke wadah.

4. Minyak Goreng Bekas Tepung Harus Diendapkan

Tepung bisa meninggalkan bekas pada minyak yang membuatnya jadi lebih keruh. Untuk menjernihkan minyak goreng bekas tersebut, kamu bisa menggunakan cara simpel dengan membiarkan minyak selama kurang lebih satu malam sampai tepungnya mengendap di bawahnya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kembali minyak jernih yang ada di permukaan.

BACA JUGA:Perusahaan Pertambangan PT Adaro Minerals Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMA Sederajat, Ini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: