Iklan dempo dalam berita

Tahukah Anda Kode Pada Ban Mobil Sangat Penting Bagi Keselamatan

Tahukah Anda Kode Pada Ban Mobil Sangat Penting Bagi Keselamatan

--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM -Salah satu performa laju kendaraan roda empat maupun lebih adalah ban. Tidak hanya kondisi ban yang bagus namun anda juga harus paham jenis ban yang cocok dan aman bagi kendaraan kesayangan anda.

BACA JUGA:Meraung-raung Tengah Malam di Jalan Umum, Kasat Lantas: Kebanyakan Remaja

Dengan mengetahui dan mengerti arti kode pada ban mobil, bisa memanfaatkan ban anda sebaik mungkin.

BACA JUGA:Lalulintas Jalur Kepahiang-Bengkulu Kembali Normal

Dilansir dari momobil.id seperti apa arti dan cara membaca arti kode pada ban mobil?  Simak penjelasannya berikut :

Huruf P

P merupakan kepanjangan dari passenger, yang berarti mobil tersebut ditujukan untuk mobil penumpanng (City Car, SUV, atau MPV). Ada juga huruf-huruf lainnnya seperti LT (Light Truck), ST (Special Trailer), atau T (temporary, ban cadangan).

Angka 185

Dalam satuan milimeter, angka tersebut merupakan lebar tapak ban tersebut, yang berarti 185 adalah 185mm. Apakah lebar tapak berpengaruh pada kenyamanan berkendara? Tentu saja. Daya cengkram mobil akan lebih terasa pada ban bertapak lebar, namun juga aka mempengaruhi akselerasi mobil Anda.

70 merupakan profil atau besar ban secara keseluruhan. Angka profil ban (misal 70) tidak selalu sama di setiap ban, karena angka profil dan tapak lebar ban tidak selalu sama. Misalkan pada ban A, bisa saja angka profilnya 70 dengan lebar tapak ban 195 dan di ban b dengan angka profil 70 tetapi lebar tapak ban 165. Untuk contoh kasus ini, perhitungan profil bannya adalah 70% x 185mm= 129,5mm.

R14

14 merupakan kode untuk ukuran velg yang cocok dengan ban mobil Anda. Ketika ban memiliki kode ini, tandanya ban ini hanya bisa dipasang di velg berukuran 14, tidak bisa di ukuran lain. Untuk itu, pastikan Anda membeli velg yang tepat untuk ban mobil Anda.

Angka 88

Ban mempunyai batas beban tumpuan. Angka 88 ini merupakan indikator indeks berat beban yang bisa ditumpu dan berlaku hanya untuk satu ban saja. Jika mobil ini memiliki angka 88 setelah kode velg, berarti mobil ini mampu menumpu beban maksimal 450-580 kg. Berikut adalah daftar lengkap indeks beban:

• 62 beban maksimal 265 Kg.

• 63 beban maksimal 272 Kg.

• 64 beban maksimal 265 Kg.

• 66 beban maksimal 300 Kg.

• 68 beban maksimal 315 Kg.

• 70 beban maksimal 335 Kg.

• 73 beban maksimal 365 Kg.

• 75 beban maksimal 387 Kg.

• 80 – 89 beban maksimal 450 – 580 Kg.

• 90 – 100 beban maksimal 600 – 800 Kg

Huruf S

S berarti batas kecepatan yang ban mampu tempuh. Dalam hal ini, S berarti batas kecepatan yang ban mampu tempuh adalah 180 km/jam. Jadi, Anda sebaiknya jangan berkendara melampaui 180 km/jam ketika memakai ban berkode S. Berikut daftar lengkap kode kecepatan:

• Q kecepatan maksimal = 160 km/jam.

• S kecepatan maksimal = 180 km/jam.

• T kecepatan maksimal = 190 km/jam.

• U kecepatan maksimal = 200 km.jam.

• H kecepatan maksimal = 210 km/jam.

• V kecepatan maksimal = 240 km/jam.

• W kecepatan maksimal = 270 km/jam.

• Y kecepatan maksimal = 300 km/jam.

• Z kecepatan di atas = 240 km/jam.

Contonya pada ban terdapat kode P 205/65 R 16 95 H. Maka  ban tersebut adalah ban untuk mobil berpenumpang atau kendaraan sehari-hari dengan lebar tapak 205mm dan memiliki rasio atau tinggi 133,2mm

Kode-kode tersebut sangat  penting diketahui sehingga anda tidak salah pilih ban dan juga aman dalam berkendara.

Tips memilih ban mobil

Ban mobil yang tepat sangat penting bagi  kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Banyak kasus kecelakaan lalu lintas akibat keselahan pemilihan ban..

Berikut  tips memilih ban yang cocok untuk kendaraan anda:

1. Pililah  ban sesuai dengan tipe kendaraan

Penting agar kamu memilih ban mobil yang memang sesuai dengan tipe mobil kamu. Misalnya, kamu ingin mencari ban untuk mobil SUV yang kerap dipakai untuk menyusuri medan berat, ban jenis Mud Terrain (M/T) mungkin dapat dipertimbangkan. 

2. Perhatikan  juga ukuran ban 

Sangat penting untuk memahami ukuran ban mobil yang sesuai dengan kendaraan kamu. Ukuran ban memperngaruhi kendaraan seperti  ketinggian mobil hingga tingkat akselerasi.

Untuk membaca ukuran ban, kamu dapat mengikuti petunjuk pada awal pembahasan di atas, ya. 

3. Pertimbangkan speed rating 

Speed rating, kamu tidak  boleh memaksakan mengemudikan mobil melebihi dari batas atau toleransi ban mobil. 

4. Gunakan ban dari merek yang sama 

Yang tidak kalah penting menggunakan ban mobil yang sama untuk setiap sisi mobil, kamu memperkecil adanya perbedaan detail dari tiap ban mobil. 

5. Motif ban mobil yang cocok 

Memilih pola atau motif ban mobil juga sangat penting. Direkomendasikan untuk menggunakan ban mobil dengan pola tapak V karena punya daya gesek lebih tinggi dengan permukaan jalan.  (Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: