Iklan dempo dalam berita

Tidak Perlu Disiram Air, Begini Cara Mudah Membersihkan Bunga Es di Freezer Kulkas

Tidak Perlu Disiram Air, Begini Cara Mudah Membersihkan Bunga Es di Freezer Kulkas

Cara bersihkan bunga es di freezer kulkas--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Seringkali kaum ibu rumah tangga kerepotan ketika harus membersihkan kulkas. Selain harus hati-hati, ada banyak bagian yang harus dibersihkan. Salah satunya bunga es di bagian freezer.

Kulkas menjadi tempat yang selalu diandalkan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan. Suhu dingin pada kulkas dapat membuat bahan makanan jadi lebih awet dan tak cepat busuk. 

Oleh sebab itu, berbagai macam bahan makanan atau bahkan sisa masakan biasanya akan disimpan dalam kulkas. Di sisi lain, kulkas juga memiliki area dengan suhu yang sangat rendah, yakni freezer. 

BACA JUGA:Cegah Overheat, Kapan Oli Motor Harus Diganti? Ini Jawabannya

Tempat ini biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang lebih rendah basi, misalnya daging, ikan, atau ayam. Saat disimpan dalam freezer, daging akan berubah jadi beku dan tidak busuk hingga berbulan-bulan lamanya.

Memang pada dasarnya, suhu dalam freezer mencapai -18 derajat celcius sampai -20 derajat celcius. Hal inilah yang kemudian membuat bahan makanan di dalamnya jadi beku. Nggak cuma itu, sisa uap atau bahkan air dari bahan makanan yang disimpan di dalam freezer juga akan dingin dan membeku.

Sayangnya, pembekuan ini kerap membuat bunga es dalam freezer jadi menumpuk dan tebal. Kondisi tersebut membuat ruang penyimpanan dalam freezer jadi berkurang drastis. Nggak cuma itu, bahan makanan yang disimpan dalam freezer juga jadi sulit dikeluarkan karena tersangkut bunga es tersebut.

BACA JUGA:Upah Minimum Tahun Depan Naik, Ini Daftar UMP Seluruh Indonesia Tahun 2023

Sedangkan membersihkan bunga es ini merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan. Jika telanjur tebal, bunga es baru akan mencair dalam waktu 12 jam. Hal ini tentu dapat memengaruhi bahan makanan yang disimpan di dalamnya. 

Lantas supaya lebih singkat, banyak orang kemudian menggunakan trik khusus. Misalnya dengan menyiram freezer menggunakan air panas. Atau ada juga yang berusaha mencairkan bunga es dengan bantuan angin dari kupas. Walau bisa lebih cepat, namun proses ini punya risiko tersendiri, lho.

Menyiram freezer dengan air panas bisa berpotensi membuat komponen kulkas jadi rusak terkena air panas. Di sisi lain, jika menggunakan kipas, tentu air dari cairnya bunga es bisa menggenang. Jika sudah begitu, kamu harus membersihkan area sekitar kulkas hingga bersih.

Padahal sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tak perlu khawatir bahan makanan akan mencair. Karena pada dasarnya, proses pembersihan bunga es ini hanya butuh waktu 15 menit saja.

BACA JUGA:Agar Lolos Bekerja di PT KAI Wisata 2023, Perhatikan 6 Hal Penting Berikut Ini

Selanjutnya, siapkan air panas yang benar-benar mendidih. Setelah itu, masukkan ke dalam plastik tahan panas. Setelah itu, gunakan plastik berisi air panas ini untuk mencairkan bunga es. Caranya cukup dengan menggosok-gosok permukaan freezer dengan plastik tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: