Iklan dempo dalam berita

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh, Coba 4 Cara Berikut Ini

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh, Coba 4 Cara Berikut Ini

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sakit gigi adalah kondisi ketika gigi mengalami rasa sakit atau nyeri, dengan tingkatan keparahan yang bervariasi. Pada kebanyakan kasus, ini adalah akibat dari berbagai masalah pada gusi ataupun gigi. 

Selain itu, kondisi ini juga bisa jadi tanda adanya penyakit di bagian tubuh lain. Misalnya masalah pada sendi rahang, sakit telinga, sinus, atau penyakit jantung. 

BACA JUGA:Biaya Dokter Mahal, ini 16 Tanaman Obat yang Wajib di Tanam

Sakit gigi bisa cuma dirasakan sebentar, tapi bisa juga dirasakan terus menerus. Sakit gigi yang tidak kunjung sembuh ini tentu mengganggu, jadi kamu perlu tahu juga cara mengatasinya. Biasanya, jika rasa nyeri tidak kunjung hilang meski kamu sudah minum obat, itu tandanya tindakan perawatan dari dokter perlu segera kamu dapatkan. 

Saat sakit gigi yang kamu rasakan tidak kunjung sembuh, maka tandanya ada infeksi dan peradangan yang sedang berlangsung di situ. Infeksi yang ada membuat saraf gigi jadi rusak, bahkan memicu terbentuknya abses di ujung akar gigi. 

BACA JUGA:5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas, Awas Gangguan Kesehatan!

Sakit gigi tak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh infeksi di gigi. Jika gigi tidak segera dirawat ke dokter gigi, maka rasa sakit bisa terus timbul meski bisa mereda sementara saat minum obat sakit gigi.

Kondisi ini sebenarnya diawali oleh lubang kecil yang tidak dirawat dan lama kelamaan jadi makin besar.  Ketika lubang makin besar, maka kerusakan yang terjadi juga makin dalam. Di bagian dalam gigi terdapat pulpa yang mengandung jaringan, saraf, dan pembuluh darah.

BACA JUGA:3 Alasan Jangan Sampai Menyimpan Telur di Rak Pintu Kulkas, Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu

Saat gigi berlubang atau retak, udara dan kuman dapat masuk ke dalam gigi, lalu mengiritasi dan menginfeksi saraf di pulpa yang sensitif. Inilah yang menyebabkan sakit gigi. Kalau sudah begini, biasanya sakit gigi yang dirasakan tumpul, tapi konsisten. Saat peradangan sedang parah, rasa sakit gigi bisa menyebar ke area lain termasuk rahang dan kepala. Pada saat-saat tertentu, sakit gigi bisa terasa tajam tapi hal ini jarang terjadi.  

BACA JUGA:Intip 5 Alasan Roti Tawar Sebaiknya Jangan Disimpan di Dalam Kulkas, Apa Efeknya?

Adapun penyebab sakit gigi adalah:

Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak

Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: