Iklan dempo dalam berita

Gaji Tukang Parkir Pesawat Beda, Besarnya Segini

Gaji Tukang Parkir Pesawat Beda, Besarnya Segini

marshaller--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – Mayoritas kita sudah tahu apa itu tukang parkir. Di setiap ruas jalan ada tukang parkir. Tapi tahukah berapa gaji untuk tukang parkir pesawat atau marshaller? 

BACA JUGA:Ini Dasar Harga Sawit Diprediksi Tembus Rp 4.000 per Kilogram

Berbeda dengan tukang parkir lainnya, petugas parkir pesawat ini diharuskan memiliki keahlian khusus dalam mengarahkan pesawat yang hendak parkir.

Tentu saja ini bukan keterampilan yang mudah dan butuh waktu untuk mempelajarinya. Itu sebabnya, gaji marshaller sedikit berbeda dengan kebanyakan tukang parkir. Selain itu, gaji tukang parkir pesawat juga memiliki perbedaan di tiap-tiap negara. 

BACA JUGA:Honorer Diangkat ASN Usia Maksimal 46 Tahun, Cek Syarat Masa Kerja

Rata-rata gaji tahunan marshaller atau tukang parkir pesawat di Amerika Serikat, dikutip dari ZipRecruiter, Rabu (11/1) per 1 Desember 2021 adalah US$ 43.861 per tahun atau sekitar Rp 622 juta (kurs dolar Rp 14.200).

BACA JUGA:Harga Sawit Mahal, Ini Cara Menanam yang Benar, Petani di Sumatera Harus Paham

Jika disederhanakan, itu kira-kira US$ 21,09 atau sekitar Rp 299 ribu per jam. Dan setara dengan US$ 843 atau Rp 11,9 juta per minggu atau US$ 3.655 atau Rp 51,9 juta per bulan. Kisaran gaji yang bervariasi ini menunjukkan kemungkinan ada banyak peluang untuk peningkatan gaji berdasarkan keterampilan, lokasi dan pengalaman. 

Sementara, gaji tukang parkir pesawat yang berada di atas rata-rata adalah di San Fransisco dilanjutkan dengan San Jose di California dan Fremont. San Jose mengalahkan rata-rata nasional sebesar US$ 6.627 atau sekitar Rp 94 juta (15,1%), dan San Francisco, berada di atas rata-rata dengan US$ 9.983 atau sekitar Rp 141 juta (22,8%).

BACA JUGA:Cadangan Minyak Bumi di Bengkulu, Babel, Sumsel dan Lampung Nomor 2 Terbanyak di Indonesia

Lantas berapa gaji tukang parkir pesawat di Indonesia? Salah seorang marshaller di bandara Soekarno Hatta, Arif Husni, mengaku tidak terlalu besar. Arif yang telah bekerja sebagai tukang parkir pesawat Gapura Angkasa selama 10 tahun.

"Antara Rp 4-6 juta," tegas Arif. 

Peran tukang parkir pesawat begitu penting karena mereka menjadi kepanjangan mata pilot. Lewat gerak badan, mereka memberi arah persis di mana pesawat harus berhenti, selain itu juga memastikan bahwa jalur taxi dan area parkir pesawat bebas dari segala benda asing.

BACA JUGA:1 Februari Solar B35, Harga Sawit Diprediksi Rp 4.000 per Kilogram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: