Iklan dempo dalam berita

Jangan Tebang jika Ada di Halaman Rumah, Ini Manfaat Pohon Jarak yang Jarang Diketahui Orang

Jangan Tebang jika Ada di Halaman Rumah, Ini Manfaat Pohon Jarak yang Jarang Diketahui Orang

Pohon Jarak yang banyak bermanfaat untuk kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Luka atau radang dalam mulut merupakan salah satu keadaan yang sering terjadi secara berulang. Bisa dikatakan hampir semua orang dari anak-anak hingga dewasa pernah mengalami sakit ini. Baik sakit yang ringan ataupun berat.

Masyarakat awam menyebut luka dalam mulut dengan sebutan sariawan atau panas dalam. Sedangkan di kalangan medis penyakit ini dikenal dengan nama Stomatitis Aftosa Rekuren atau SAR.

Penyebab sariawan belum bisa diteliti secara pasti akan tetapi sariawan merupakan penyakit yang berasal dari infeksi virus, bakteri dan jamur. Sariawan dapat muncul pada bagian dalam mulut, biasanya tenggorokan, bibir dan gusi.

BACA JUGA:Gaji Karyawan Perum Bulog Tembus Rp 4 Juta, Berminat? Buruan Daftar, Kuota Terbatas

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara sengaja juga dapat menyebabkan timbulnya sariawan, seperti menggigit-gigit dinding mulut, menggoreskan lidah ke gigi, dan kebersihan mulut yang buruk.

selain itu sariawan juga dapat muncul karena kekurangan vitamin, alergi terhadap makanan dan stres. 

Oleh karena itu, meskipun sariawan tidak berbahaya tentu saja siapapun yang mengalami sariawan pasti akan mengeluh karena merasakan nyeri dan sakit. Sehingga beberapa aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan fungsi mulut akan terganggu, mulai dari mengunyah, berbicara dan menelan. 

Sariawan yang menimbulkan nyeri dikarenakan bagian saraf yang berada tepat di bawah permukaan lapisan mulut mengalami luka dan meradang.

BACA JUGA:Kumpulan Contoh Soal Psikotes Logika Aritmatika Kompetensi Mitra Statistik BPS 2024, Terlengkap dan Gratis

Sariawan pada umumnya akan sembuh  dan membaik dengan sendirinya dalam waktu 2-4 minggu, tergantung dari jenisnya dan pengobatannya. Banyak jenis obat-obatan di apotek untuk menghilangkan radang mulut ini akan tetapi untuk mempercepat pemulihan sariawan secara alami tanaman obat jarak ini dikenal ampuh dalam atasi sariawan secara alami.

Tanaman jarak (Ricinus Communis L) adalah salah satu tanaman yang dikenal sebagai tanaman herbal sejuta khasiat yang hampir seluruh bagiannya dapat diolah, tak salah lagi bila tanaman yang satu ini mendapat sebutan itu. Tanaman jarak memiliki berbagai macam jenis yakni jarak pagar, jarak kepyar, jarak wulung dan jarak bali.

Daun jarak memang bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Tanaman ini merupakan famili Euphorbiaceae yang mengandung senyawa yang bersifat antikonsepsi, antidiabetik, antifertilitas, antiinflamasi, antimikroba, antioksidan, hingga insektisida. 

BACA JUGA:Pilih Perangkat Desa atau Mitra Statistik BPS? Ini Perbandingan Gajinya

Nah, dengan adanya senyawa anti-inflamasi yang terkandung pada getah daun jarak menjadikannya alternatif obat yang efektif mengobati luka sariawan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: