Iklan dempo dalam berita

Minuman Khusus Kaisar Tiongkok, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Putih Bagi Tubuh

Minuman Khusus Kaisar Tiongkok, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Putih Bagi Tubuh

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Teh putih merupakan teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis, adalah jenis teh yang paling sedikit mengalami pemrosesan lanjutan, atau bahkan teh ini tidak diproses. 

Teh putih juga memiliki rasa yang paling lembut dibandingkan jenis teh lainnya dan manfaat teh putih juga sangat banyak. Teh Ini diproduksi dengan cara memetik pucuk termuda sebelum mereka sepenuhnya terbuka. Di beri nama teh putih karena pucuk dari teh ini memiliki warna putih pada saat dipetik. 

BACA JUGA:Daripada Ditumbuhi Rumput, Ini Daftar Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Sama seperti halnya dengan teh lainnya, teh putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Selama dinasti Song (960-1279 m), teh putih ini merupakan barang mewah dan diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Kaisar Tiongkok. 

Semakin majunya zaman, kini sudah ditemukan beberapa varietas teh putih baru, termasuk silver needle, white peony, Ceylon white, Darjeeling white, dan white pu-erh. 

Orang-orang di Tiongkok telah menggunakan teh putih selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan. Sebab ia kaya akan kandungan antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan potensial. 

BACA JUGA:Biaya Dokter Mahal, ini 16 Tanaman Obat yang Wajib di Tanam

Khasiat teh putih juga datang dari kandungan makronutrien (nutrisi seperti lemak atau protein) yang tidak ada sama sekali, sehingga dalam secangkir teh hanya ada kandungan antioksidan murni saja. Lalu apa saja kandungan dari teh putih atau white tea bagi tubuh jika d konsumsi?

1. Kaya Antioksidan

Menurut, Journal of Food Chemistry, teh putih mengandung jenis polifenol yang disebut katekin. 

Polifenol adalah molekul dari tanaman yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan dengan senyawa yang disebut radikal bebas. Kondisi ini sering dikaitkan dengan penuaan, peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. 

Untungnya, teh putih tampaknya menjadi salah satu jenis teh terbaik untuk memerangi radikal bebas. Bahkan, penelitian menunjukkan teh putih memiliki manfaat antioksidan serupa dengan teh hijau, yang dikenal dengan manfaat kesehatannya.

BACA JUGA:Rajanya Herbal, Ini 10 Manfaat Ginseng Ampuh Atasi Radang Paru-paru, Andalan Sejak Dulu

2. Melindungi kulit

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, namun juga bagi kecantikan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada white tea ini mampu menangkal radikal bebas pada tubuh, serta pengaruh buruk dari sinar UVA dan UVB. 

Dengan mengonsumsi white tea setiap hari, kulit semakin terlindungi dari dalam dengan baik.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada white tea, membuatnya banyak dikembangkan sebagai produk anti-aging. Pada secangkir white tea memiliki aktivitas antioksidan setara dengan 10 gelas jus apel, 31 kali C dan 100 kali vitamin E. 

Oleh karena itu, mengkonsumsi white tea secara rutin dapat meremajakan kulit dan mengurangi kerutan.

BACA JUGA:Nyeri Asam Urat Hilang Berkat Ramuan Herbal Jahe, Begini Cara Membuatnya

4. Menurunkan Resitensi Insulin

Teh putih adalah salah satu minuman terbaik bagi penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas hormon tersebut. Hal itu bermanfaat untuk memperbaiki kontrol gula darah terhadap penderita.

Mengutip American Journal of Clinical Nutrition, penelitian pada hewan telah menemukan bahwa EGCG dan polifenol lain yang ditemukan dalam teh putih dapat meningkatkan efek insulin dan mencegah kadar gula darah tinggi.

BACA JUGA:Tidak Mempan Pakai Koyo, Coba 9 Bahan Herbal Ini untuk Atasi Sakit Kepala

5. Mencegah Osteoporosis

Kondisi ini memengaruhi cukup banyak lansia dan ia dapat menyebabkan fraktur dan kualitas hidup yang lebih rendah. Manfaat teh putih juga diduga bisa melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan osteoporosis.

Kedua faktor ini dapat menekan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mempromosikan sel-sel yang memecah tulang. Sebaliknya, katekin yang ditemukan dalam teh putih telah terbukti melawan faktor-faktor risiko ini. Mereka diperkirakan menekan sel-sel yang memecah tulang.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Obat, Pakai Bumbu Dapur Ini untuk Menurunkan Kolesterol

6. Melindungi Gigi dari Bakteri

Manfaat teh putih selanjutnya adalah melindungi gigi dari bakteri karena kandungan fluoride, katekin, dan tanin. 

Kombinasi molekul ini dapat membantu memperkuat gigi dengan memerangi bakteri dan gula. Fluoride dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan membuat permukaan gigi lebih tahan terhadap serangan asam oleh bakteri dalam kombinasi dengan gula.

Sementara katekin merupakan antioksidan pada tanaman yang berlimpah yang terdapat dalam teh putih. Mereka telah terbukti menghambat pertumbuhan bakteri plak.

BACA JUGA:Obat Alami dari Pinang Muda, Stamina Terjaga, Begini Cara Mengolahnya

7. Menurutkan Berat badan

White tea memiliki manfaat untuk mendapatkan berat badan yang ideal, lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh FEMA Institute Pertanian Bogor (IPB) dengan mengkonsumsi white tea dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan profil lemak dalam tubuh.

Sehingga, lemak berlebih dalam tubuh dapat berkurang tanpa harus melakukan diet ketat. Tentu saja, hasilnya akan lebih maksimal jika didukung dengan olahraga dan gaya hidup sehat ya.

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Jerawat Tanpa Resep Dokter

8. Mencegah Kanker

Beberapa studi berbasis uji tabung telah menemukan bahwa teh putih mungkin memiliki efek antikanker.  Dalam satu studi pada jurnal Cancer Prevention Research, ekstrak teh putih memicu kematian sel pada beberapa jenis kanker paru-paru. 

Studi lain juga menemukan bahwa ekstrak teh putih ini dapat menekan pertumbuhan sel kanker di usus dan menghentikan mereka menyebar. Antioksidan dalam ekstrak teh putih juga melindungi sel-sel normal dari kerusakan oleh molekul berbahaya lainya. 

Namun, perlu dicatat bahwa studi tabung uji ini menggunakan teh putih dalam jumlah besar. Jadi, masih butuh lebih banyak penelitian pada manusia yang diperlukan untuk memahami efek minum teh putih dengan sel kanker.

BACA JUGA:Daun Jarak Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Obat Rematik

Itulah beberapa manfaat dari white tea atau teh putih yang dapat anda coba, anda dapat mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan rasakan sendiri manfaat nya pada tubuh anda.

Aziz Shadiq Ghaniy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: