Iklan dempo dalam berita

Mak-mak Perlu Tahu, Jangan Terima Tabung Gas kalau Kondisinya Seperti Berikut

Mak-mak Perlu Tahu, Jangan Terima Tabung Gas kalau Kondisinya Seperti Berikut

Perhatikan bentuk tabung gas sebelum dipasang ke kompor--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kebocoran tabung gas untuk kompor, memang berbahaya. Namun jika mengalami hal seperti ini, jangan panik duluan. Ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan jika mendapati tanda kebocoran tabung gas.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi tabung gas yang baru diterima dari agen. Ada tanda-tanda tertentu yang mengkhawatirkan, maksudnya tabung tersebut berpotensi bocor.

BACA JUGA:5 Bacaan Doa Cepat Kaya, Amalkan dan Rasakan Hasilnya, Rezeki Mengalir Utang Lunas

Seperti diketahui tabung gas bocor merupakan salah satu penyebab meledak hingga kebakaran pada rumah. Kejadian ini kerap membuat panik orang yang mengalaminya. Karena kondisi ini berbahaya dan tidak bisa dianggap sepele, maka penting untuk mengetahui keamanan penggunaan tabung gas di rumah.

Terlebih dalam hal mendeteksi kebocoran gas untuk mencegah meledak dan kebakaran rumah. Kamu perlu peka terhadap kebocoran tabung gas. Terkadang selang dan keran penutup tabung gas tidak rapat. Selain itu, penggunaan selang yang tidak sesuai standar keamanan juga memungkinkan tabung gas bocor dan meledak.

Jika tabung gas sudah terdeteksi bocor, kamu perlu mengetahui cara mengatasinya sebelum semakin parah. Untuk mencegah kejadian terulang, kamu juga perlu mengenal langkah memasang tabung gas yang aman.

BACA JUGA:Selamat! Penerima BPNT dan PKH dapat Bansos Tambahan Rp400 Ribu Bulan November-Desember

Berikut cara mengatasi tabung gas bocor dan langkah memasangnya yang aman.

Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ada kebocoran gas adalah tidak panik. Setelah itu, ketahui letak sumber kebocoran gas dan lepas selang regulator gasnya. Melepas selang regulator gas akan mencegah gas keluar dari tabung dan merambat ke sumber api.

Ketika selang regulator sudah terlepas, bawa tabung gas ke ruang terbuka dan memasukkannya ke dalam wadah berisi air. Di dalam air, gas akan mengeluarkan gelembung udara sehingga letak kebocoran akan terdeteksi.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bansos Beras 10 Kg Resmi Diperpanjang Hingga Juni 2024, Begini Cara Dapat Bansos Beras

Cara mengatasi tabung gas bocor selanjutnya dengan memberitahu orang sekitar. Cara ini dilakukan untuk mencegah adanya sumber api di sekitar tabung bocor dan membuat gas merambat yang dapat menyebabkan kebakaran. Penanganan kebocoran ini dapat dilakukan apabila kebocoran bersifat kecil dan belum terjadi kebakaran.

Cara Membedakan Gas Bocor dan Habis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: