Iklan dempo dalam berita

8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Masyarakat Indonesia cenderung mengkonsumsi obat-obatan alami dari berbagai macam jenis tumbuhan. Masih banyak yang lebih percaya keampuhan dari tanaman-tanaman herbal ini dari pada obat-obatan dokter.

Kebiasaan ini, tentu saja tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat yang back to nature serta manfaat dari tanaman obat yang semakin hari semakin berkembang. Akibatnya, sebagian masyarakat Indonesia pun mulai beralih pada salah satu jenis pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan pada tubuh serta meminimalisir efek samping yang kemungkinan terjadi dari obat-obatan medis.

Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki manfaat untuk kosmetik, obat dan keperluan kesehatan lainnya  dari akar, batang, daun, umbi dan buah. Tanaman herbal dapat berinteraksi dengan obat dokter. Akan tetapi tidak bisa asal menyampurkannya karena akan membahayakan.

Sudah tidak dikit lagi keluarga yang akhirnya menanam tanaman herbal di rumah karena memiliki fungsi, dan manfaat yang luar biasa.  Untuk masalah sakit ringan mulai dari panas dalam, batuk, pilek, sariwan,gangguan pencernaan,  sakit kepala dan insomnia. 

Dikarenakan Indonesia memang kaya akan kesuburan alamnya maka dari itu sumber-sumber tanaman obat mudah untuk di budidayakan. Tak perlu memakan tempat siapapun bisa menanamnya dengan media pot dari apapun.

Tanaman-tanaman berikut ditanam untuk memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan herbal:

1. Kunyit

Tanaman herbal yang pertama ialah kunyit, Kunyit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh serta kecantikan. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan zat kurkumin. Zat tersebut dapat membantu menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung bahkan hingga menurunkan kadar gula darah.

Dan dalam duia kecantikan kunyit digunakan untuk mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan. Meskipun memiliki banyak manfaat, orang yang memiliki masalah magh dan lambung dan seseorang yang sedang rutin menggunakan obat pengencer darah, tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi kunyit.

2. Kencur

Nama latin aempferia galanga adalah salah satu jenis tanaman pada komposisi makanan seblak yang banyak digemai semua kalangan. Kencur sendiri berfungsi sebagai obat alami dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat dari tanaman herbal kencur ini bisa dibilang cukup banyak, seperti sebagai penambah nafsu makan, meningkatkan stamina tubuh dan bahkan melancarkan haid.

3. Jahe

Kemudian Jahe salah satu jenis tanaman obat yang tentu sudah tidak asing lagi. Apalagi, jahe memiliki kandungan gingerol, yaitu zat anti radang sekaligus zat antioksidan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: