Iklan dempo dalam berita

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

Tanaman Obat Herbal Ini Terkenal Ampuh Mengatasi 5 Penyebab Sembelit

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  BAB atau kondisi dimana kamu mengalami sakit dan susah membuang air besar, hal ini merupakan hal yang umum yang sering terjadi. Sebagian orang hanya mengalami rasa tidak nyaman atau sakit ringan biasa, akan tetapi sebagian lagi orang dapat merasakan sakit BAB yang cukup parah.

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman untuk Obat Herbal Pengganti Obat Medis, Mayoritas Bumbu Dapur

Beberapa hal bisa menjadi tanda Anda mengalami sembelit. Berikut ini adalah tanda atau ciri-ciri dari sembelit:

1. Susah BAB

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sembelit dapat ditandai dengan keluhan susah buang air besar. Hal ini membuat Anda perlu untuk mengejan ketika sedang BAB agar tinja bisa dikeluarkan.

Jika sembelit terlalu sering terjadi sampai Anda harus selalu mengejan saat BAB, Anda berisiko mengalami wasir atau ambeien. Seiring waktu, ambeien yang makin membesar bisa saja pecah dan menyebabkan BAB berdarah.

2. Jarang BAB

Jarang BAB bisa menjadi tanda Anda mengalami sembelit. Biasanya, orang yang mengalami sembelit akan BAB kurang dari 3 kali seminggu. Namun, hal ini tidak selalu bisa menjadi patokan pasti.

Pasalnya, orang yang terbiasa BAB sebanyak 3 kali sehari bisa dikatakan mengalami sembelit jika frekuensi BAB hariannya berkurang, misalnya hanya sekali sehari.

BACA JUGA:Punya Mata Panda? Berikut 7 Tips Jitu Hilangkan Kantung Mata Hitam

3. Tinja menjadi keras

Tertahannya tinja di usus besar dalam jangka waktu yang lama membuat kandungan air yang ada di tinja terserap oleh usus besar. Hal ini akhirnya membuat tinja menjadi keras dan kering, bahkan dapat berbentuk seperti seperti kotoran kambing ketika keluar.

4. Perut kembung

Ciri-ciri sembelit dapat berupa perut kembung. Hal ini dapat terjadi karena saat sembelit, usus besar akan dipenuhi oleh tinja sehingga bakteri yang ada di saluran pencernaan memproduksi lebih banyak gas. Efeknya, keluhan perut kembung muncul dan perut pun dapat terlihat buncit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: