Iklan dempo dalam berita

8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Begini Cara Ganti Oli Sendiri Dirumah

8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Begini Cara Ganti Oli Sendiri Dirumah

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala akan menjaga performa sepeda motor tetap optimal. Selain itu, pemilik sepeda motor juga bisa melakukan pengecekan awal pada komponen sepeda motor yang rusak sehingga kerusakan lebih parah dan pengeluaran biaya yang lebih tinggi bisa dicegah.

Mengganti oli motor sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Namun, pastikan Anda memiliki pengetahuan dasar tentang mesin motor dan alat yang tepat sebelum mencoba mengganti oli sendiri. 

BACA JUGA:8 Oli Terbaik untuk Motor Matic Honda Vario 125, Jangan Lupa Rutin Lakukan Perawatan Berkala

Tanpa berlama-lama, berikut cara ganti oli motor sendiri.

1. Persiapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum ganti oli, di antaranya oli motor yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan motor, filter oli baru, kunci pas atau kunci soket yang sesuai untuk membuka baut oli dan filter, penampung untuk menampung oli bekas, kain lap, serta sarung tangan pelindung untuk melindungi tangan dari kotoran dan oli.

2. Pastikan Motor dalam Keadaan Aman

Pastikan mesin dalam kondisi mati dan dingin. Jika mesin baru saja digunakan, biarkan mesin dingin selama beberapa saat agar oli mengalir dengan baik. Pastikan motor dalam posisi yang stabil dan datar.

BACA JUGA:Tampilan Mewah dan Premium New Honda PCX 160 dengan Varian 3 Warna Terbaru

3. Identifikasi Lokasi Baut Oli dan Filter Oli

Baut oli biasanya terletak di bagian bawah mesin, dekat dengan carter oli. Sedangkan filter oli umumnya berada di dekat baut oli atau di samping mesin.

4. Lepaskan Baut Oli dan Filter Oli

Tempatkan penampung di bawah baut oli untuk menampung oli bekas. Gunakan kunci pas atau kunci soket yang sesuai untuk membuka baut oli secara perlahan. Pastikan penampung menampung seluruh oli yang keluar. Setelah oli berhenti menetes, keringkan area sekitar baut oli dengan kain lap atau tisu. Gunakan kunci pas atau kunci soket untuk membuka filter oli. Pastikan untuk menangkap oli yang keluar dari filter ke dalam penampung.

BACA JUGA:Honda Scoopy Stylo 160 Gaya Retro Sentuhan Futuristik, Cocok Untuk Teman Nongkrong Kawula Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: