Iklan dempo dalam berita

Masih Sering Digunakan, Seperti Ini Kekurangan Menabung di Celengan

Masih Sering Digunakan, Seperti Ini Kekurangan Menabung di Celengan

Kekurangan menabung di celengan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menabung sangat penting dalam mengelola keuangan pribadi. Dengan menabung, Anda dapat mengumpulkan dana untuk keperluan di masa depan, membeli barang yang Anda inginkan atau bahkan dapat menjadi dana cadangan untuk Anda dalam menghadapi situasi darurat.  

Saat ini, celengan salah satu pilihan yang populer untuk menabung uang Anda. Namun, seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, walaupun terlihat praktis, sebetulnya ada beberapa kekurangan menabung di celengan yang perlu Anda perhatikan dan wajib untuk Anda waspadai.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Tabung Gas Elpiji yang Sering Digunakan Sehari-hari, Kenali Juga Keunggulanya Disini

Salah satunya adalah tingkat keamanannya rendah sehingga meningkatkan risiko kehilangan uang akibat pencurian, kebakaran, dan lainnya. Lalu apa saja kekurangan lainya dari menabung dalam celengan ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kekurangan menabung dalam celengan yang harus Anda ketahui.

1.Tidak Ada Pertumbuhan Nilai

Salah satu kekurangan menabung dalam celengan adalah kurangnya pertumbuhan nilai. Dalam celengan, uang Anda hanya disimpan dalam bentuk fisik saja, seperti uang koin dan uang kertas. 

Ketika Anda menyimpan uang tersebut di dalam celengan, tidak ada pengembalian investasi yang dapat dihasilkan. Dalam jangka panjang, nilai dari uang Anda tidak akan bertambah karena tidak ada bunga atau keuntungan yang dihasilkan.

Sebagai contoh, ketika kamu menabung dalam deposito bank, nilai uang akan cenderung meningkat karena suku bunga. 

BACA JUGA:Diberondong Tembakan, Satu dari Empat Komplotan Spesialis Pencuri Mobil Tersungkur

2.Tidak Terlindungi dari Inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga secara umum dalam perekonomian. Satu-satunya nilai yang Anda dapatkan dengan menabung dalam celengan adalah nilai nominal dari uang yang Anda tabung bertambah tetapi tidak dengan nilainya. 

Namun, seiring berjalanya waktu, inflasi akan menyebabkan harga-harga barang dan jasa naik. Akibatnya, daya beli uang Anda dalam celengan akan menurun seiring berjalannya waktu.

3.Tidak Tahan terhadap Risiko serta Rentan Kejadian Tak Terduga

Celengan biasanya hanya berbentuk kotak dan tidak memiliki keamanan yang memadai. Ini berarti uang yang Anda simpan dalam celengan rentan terhadap risiko kehilangan atau pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: