Iklan dempo dalam berita

Ternyata Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Pasang Regulator Tabung Gas agar Tidak Bocor

Ternyata Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Pasang Regulator Tabung Gas agar Tidak Bocor

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kecelakan tabung gas umumnya dapat terjadi karena pemasangan yang tidak benar. Maka dari itu perlu mengetahui cara memasang tabung gas yang baik dan tepat agar dapat memberi keamanan saat menggunakanya.

Hal ini penting diketahui karena meski tabung gas sudah umum digunakan masyarakat untuk memasak, masih banyak yang belum tahu cara memasang tabung gas agar aman. Bahkan ada yang masih melakukannya secara asal-asalan, sehingga bisa membahayakan orang di rumah.

BACA JUGA:Kompor Gas Sering Tidak Menyala? Ternyata Ini Lho Penyebabnya, Salah Satunya Aliran Gas Tersumbat

Berikut ini tips memasang gas yang benar dan aman:

- Lihat isi tabung gas elpiji pada indikator tekanan gas

Sebelum mengganti tabung gas elpiji di dapur, sebaikanya perhatikan jika gas yang akan diganti memang sudah habis. Jika tidak diperhatikan maka bisa memicu api bahkan kebakaran.

Cara teraman untuk memastikannya adalah melihat indikator tekanan gas. Jika jarum indikator ada di bagian berwarna merah dan paling ujung maka tabung gas telah kosong. 

- Pastikan sabuk pengaman (pengikat) pada regulator kencang

Salah satu kebocoran gas dihasilkan karena pengikat atau sabuk pengaman selang dan indikator tidak kencang. Oleh karena itu sebelum mengganti gas elpiji, pastikan pengikat ini masih kuat dan kencang.

- Pastikan tabung gas tersegel ketika beli dari agen terdekat

Umumnya untuk mendapatkan gas semua orang bisa memebeli tabung gas elpiji di warung atau toko terdekat. Namun, pastikan membelinya dari agen terpercaya untuk menjamin keamanannya. Ketika membeli tabung gas elpiji baru harus ada segel yang melindunginya. Pastikan juga membuka segel plastik ini sebelum menancapkan regulator gas. Biasanya sudah ada karet merah di lubang gas elpiji yang kamu beli. 

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Bisa Pasang Sendiri Tabung Gas di Rumah, tapi Ikuti Cara Ini ya

Adapun cara memasang regulator gas:

- Letakkan regulator di atas lubang elpiji dengan pas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: