Iklan dempo dalam berita

Yuk Pahami Tugas Pokok Mitra Statistik BPS 2024, Susah Gak Ya?

Yuk Pahami Tugas Pokok Mitra Statistik BPS 2024, Susah Gak Ya?

Yuk Pahami Tugas Pokok Mitra Statistik BPS 2024, Susah Gak Ya?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - BPS merupakan lembaga pemerintah non-departemen di Indonesia yang bertanggung jawab untuk melakukan survei statistik. Didirikan pada tahun 1960, lembaga ini bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Fungsi dari BPS ini termasuk menyediakan data untuk lembaga pemerintah lain serta publik dan melakukan survei statistik untuk menerbitkan statistik berkala tentang ekonomi, perubahan sosial dan pembangunan.

BACA JUGA:Berapa Sih Honor yang Diterima Mitra Statistik BPS 2024? Yuk Intip Besarannya di Sini

Berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 1997 peranan yang harus dijalankan oleh BPS adalah menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder.

Lalu BPS juga membantu kegiatan statistik di kementerian, lembaga pemerintah atau institusi lainnya, dalam membangun sistem perstatistikan nasional.

BACA JUGA:Catat! Jadwal Lengkap dan Terbaru Proses Seleksi Calon Mitra Statistik BPS 2024

Selanjutnya BPS mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, dan menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik. Kemudian BPS membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia.

BPS mengumumkan pembukaan rekrutmen calon mitra statistik untuk tahun 2024 sepanjang bulan November 2023. 

Informasi mengenai pembukaan rekrutmen ini diumumkan melalui akun media sosial BPS pada Rabu, 1 November 2023 lalu.

BACA JUGA:Ikut Seleksi Mitra Statistik 2024? Kenali Tugas Mitra Pendataan dan Pengolahan BPS

Dengan dibukanya rekrutmen Mitra Statistik BPS 2024, lulusan SMA, SMK hingga S1 kini memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan survei dan sensus yang dilakukan oleh lembaga pemerintah ini.

Apa Tugas Mitra Statistik BPS 2024?

Mitra Statistik BPS 2023 adalah tenaga kontrak yang tugasnya mengumpulkan data atau menyebarkan kuesioner untuk survei.

Meski tenaga kontrak, mitra statistik BPS akan mendapat upah yang lumayan, tergantung wilayah. Untuk daftar mitra statistis BPS 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: