Iklan dempo dalam berita

8 Tips Sederhana dan Mudah Merawat Motor Matic Anti Ribet, Nomor 3 Wajib

8 Tips Sederhana dan Mudah Merawat Motor Matic Anti Ribet, Nomor 3 Wajib

--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM - Hampir mayoritas seluruh penduduk Indonesia memiliki kendaraan roda dua, yaitu sepeda motor. Berbeda dengan tahun 2000an lalu yang trend dengan motor bebek, saat ini tren penggunaan motor matic sudah sangat masif, mulai dari kalangan orang tua hingga anak muda.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ganti Oli Motor Berapa KM? Ini Jawabannya

Persaingan yang ketat membuat pabrikan motor yang ada di negeri ini berlomba-lomba memasarkan produk motor matic andalannya. Namun masih banyak pengguna sepeda motor matic hanya mampu mengendarai, tetapi kurang dalam segi perawatan yang tujuannya agar sepeda motor tetap awet.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Ini Risiko Menggunakan Kompresor Angin Saat Ganti Oli

Bila anda pengguna motor matic, sejumlah tips berikut untuk merawat motor matic senantiasa awet dan dapat di praktekan dirumah tanpa harus ke bengkel resmi. Meski tidak jauh berbeda, cara merawat motor matic yang sistem pembakarannya karbulator dan injeksi memiliki kebutuhan khusus yang berbeda.

1. Panaskan mesin motor 

Memanaskan mesin motor pada pagi hari berfungsi agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal selama 5 hingga 10 menit.

BACA JUGA:8 Oli Matic Terbaik Untuk Honda Vario, Begini Cara Bersihkan Filter Udara di Rumah Biar Motor Ngacir

2. Ganti oli berkala

Mengganti oli merupakan perawatan yang tergolong penting, karena oli menjadi pelumas utama mesin. Biasakanlah untuk melakukan pergantian oli setiap 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km. 

Selain itu, gunakanlah oli yang sesuai dengan masing-masing jenis dan tipe spesifikasi motor matic anda.

BACA JUGA:10 Akselerasi Mobil Supercar Tercepat di Dunia, Rimac Nevera Cuma Butuh 1,7 Detik Untuk Capai 100Km/Jam

3. Bensin tidak boleh habis total

Untuk menjaga dan merawat motor matic anda awet dan panjang umur dalam segi pemakaian. Usahakanlah agar sepeda motor matic kesayangan anda tidak sampai kehabisan bensin saat dikendarai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: