Iklan RBTV Dalam Berita

Begini Cara Merangsang Perkembangan Otak Kiri Anak, Orangtua Perlu Tahu

Begini Cara Merangsang Perkembangan Otak Kiri Anak, Orangtua Perlu Tahu

Cara merangsang otak kiri--

Bertanya merupakan hal yang biasa dilakukan oleh anak, karena pada usia mereka ada banyak hal yang menarik perhatiannya.

Dalam mengembangkan kemampuan anak untuk bertanya, orang tua berperan untuk mengenalkan anak kepada macam-macam hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, anak memiliki pengetahuan dan pengalaman baru yang akan memicu pertanyaan di dalam otak mereka.

BACA JUGA:Pelajaran Apa yang Bisa Dipetik dari Cerita Malin Kundang? Begini Kisah Lengkapnya

3. Membaca

Membaca dapat meningkatkan kinerja otak kiri. Orang tua dapat mengajak anak membaca buku dongeng maupun buku pengetahuan yang cocok untuk umur yang sesuai dengan usianya.

Dengan membaca, anak akan berlatih berpikir kritis dan menemukan masalah dalam keseharian

4. Menulis

Menulis salah satu hal yang baik dilakukan untuk mengasah otak kiri, karena dapat melatih anak untuk terorganisir dalam pemikiran mereka. Hal itu karena menulis membutuhkan struktur dan perencanaan.

5. Menyelesaikan soal matematika

Matematika bagi sebagian orang memang cukup sulit untuk dipecahkan. Namun, dengan cara yang seru, matematika bisa menjadi tantangan yang dapat melatih cara berpikir logika anak-anak.

Orang tua bisa mencari soal latihan matematika yang menyenangkan di internet untuk anak. Dalam memecahkan soal-soal matematika orangtua dapat menjadi pendamping dan biarkan mereka menemukan jalannya sendiri.

BACA JUGA:9 Desa di Mukomuko Rawan Swasembada Pangan Karena Faktor Jalan dan Tidak Ada Lahan

6. Bermain teka-teki

Ada banyak teka-teki yang bisa dipilih untuk melatih otak kiri anak. Semua tergantung minat anak.

Beberapa permainan yang dapat mengasah otak kiri anak, seperti Sudoku, teka-teki silang, serta memecahkan misteri di game ponsel juga bisa menjadi pilihan permainan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: