Iklan dempo dalam berita

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

Lokasi Oli Gardan Motor Matic--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tahukah Anda apa yang akan terjadi jika oli gardan motor matic habis? Hal tersebut bisa membuat kinerja bagian transmisi kendaraan seperti gear dan bearing tidak optimal. Akibatnya, muncullah suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. 

Pelumas tambahan yang disebut dengan oli gardan atau oli transmisi matic ini memang dibutuhkan oleh kendaraan berkopling kering yang bertugas untuk melumasi khusus bagian transmisi matic. 

Selain menimbulkan suara bising, masih ada beberapa ciri lainnya yang menandakan bahwa oli gardan harus segera diganti.

BACA JUGA:6 Penyebab Oli Motor Cepat Habis Selain Faktor Seal Oli Bocor

Begini Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis yang Harus Diwaspadai

Berbeda dengan motor manual yang hanya membutuhkan oli mesin, pada kendaraan matic terdapat oli gardan yang juga harus secara rutin diganti. Interval penggantiannya memang lebih lama jika dibandingkan dengan oli mesin. 

Hal inilah yang kerap membuat pemiliknya lupa atau telat menggantinya. Setidaknya ada 4 ciri yang terlihat ketika oli untuk bagian transmisi ini sudah saatnya diganti, antara lain:

1. Munculnya Suara Bising

Ciri oli gardan motor matic habis yang pertama adalah terdengar suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Letak box CVT itu sendiri ada di gardan atau roda belakang motor matic. 

Suara yang ditimbulkan seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat berisik sampai terdengar suara “kletek-kletek” saat motor dikendarai. 

Munculnya suara bising ini dikarenakan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai terlihat encer. 

Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis gesekan yang terjadi antar komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antar komponen gear inilah yang akhirnya memunculkan suara bising. 

Ditambah lagi dengan adanya kotoran yang berasal dari logam yang telah bersirkulasi bersama dengan oli. Kondisi yang demikian pada komponen gardan motor matic mengakibatkan permukaan logam menjadi lebih cepat aus. 

Jika sampai mendengar suara bising di kendaraan matic Anda, segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian oli gardan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: