Iklan dempo dalam berita

Kartu Tol Diganti Multi Lane Free Flow, Ini Penjelasan tentang MLFF serta Cara Penggunaannya

Kartu Tol Diganti Multi Lane Free Flow, Ini Penjelasan tentang MLFF serta Cara Penggunaannya

Penjelasan Multi Lane Free Flow sebagai pengganti kartu tol--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mulai tahun depan pemerintah menghapus kartu tol. Penggantinya sistem pembayaran tol non-tunai nir-sentuh berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF).

Dengan sistem pembayaran ini pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran di gerbang tol.

Multi Lane Free Flow (MLFF), yaitu proses pembayaran tol tanpa berhenti, itu berarti pengguna jalan tol tidak harus menghentikan kendaraannya di gerbang tol. Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

BACA JUGA:PT Wilmar Nabati Indonesia Buka Loker Terbaru dengan 19 Posisi, Berpeluang Jadi Pegawai Tetap

Teknologi ini membuat alat pembaca tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit, berbeda dengan radio frequency identification atau RFID. GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Ketika kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit.

Dengan penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu transaksi menjadi 4 detik dibandingkan transaksi manual 10 detik. Sehingga,  penggunaan MLFF tentunya memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik. 

Penerapannya nanti akan berjalan dengan skema sekitar 50% dari total gardu pada gerbang tol akan digunakan untuk MLFF, sedangkan 50% digunakan bagi pengguna yang melakukan pembayaran nontunai konvensional. 

BACA JUGA:Ujicoba Penghapusan Kartu Tol Mulai 12 Desember, Khusus untuk Kendaraan Berikut

Sebelumnya Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo memastikan jika sistem pembayaran MLFF akan mengizinkan mobil untuk melewati gerbang tol tanpa berhenti.

Teknologi untuk sistem ini dikatakan Basuki, sudah siap, dan meskipun tantangan utamanya adalah bagaimana mengimplementasikannya kepada masyarakat. Basuki optimis bahwa proses ini akan berjalan dengan lancar. 

Uji coba penerapan MLFF telah dimulai di jalan tol Bali-Mandara, dan Basuki menyatakan bahwa ini adalah bagian dari proses transisi yang membutuhkan waktu, seperti peralihan dari transaksi tunai menjadi non-tunai dengan kartu e-money.

Pada tahap awal, uji coba transisi dari tapping e-toll ke MLFF akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai, dan diharapkan akan diterapkan pada seluruh lajur Gerbang Tol pada Maret 2024. 

Sosialisasi yang jelas akan diberikan kepada masyarakat terkait teknologi pembayaran tol tanpa berhenti di exit tol, dan akan dipasang papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba MLFF.

BACA JUGA:Segini Gaji Pendamping Lokal Desa 2023 di 14 Provinsi Indonesia, Siapa Paling Besar?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: