Iklan dempo dalam berita

Tuntas Uji Mutu, Jembatan Elevated Tinggal Menunggu Jadwal Uji Pakai

Tuntas Uji Mutu, Jembatan Elevated Tinggal Menunggu Jadwal Uji Pakai

Uji mutu jembatan elevated, tuntas--

-Jembatan zaman purba 

Pada zaman purba, jembatan belum diakui sebagai hasil karya konstruksi karena pada zaman itu manusia purba menggunakan batang kayu tumbang untuk menyeberang sungai. 

Manuia zaman purba melintasi sungai dengan memasang pilar-pilar batu, kayu gelondongan, atau pohon yang tumbang dengan bentang yang sangat pendek. Selain itu, mereka juga manfaatkan akar-akar atau ranting-ranting pohon sebagai jembatan gantung untuk bergelantungan melompati pohon satu ke pohon yang lain. 

Jenis jembatan yang digunakan pada zaman purba biasanya berbentuk jembatan balok sederhana, dan digunakan hanya untuk bentangan yang pendek. Seperti yang dibangun di atas Sungai Eufrat dan Sungai Tigris di Babylonia kira-kira 2000 SM.  

BACA JUGA:Makna Tradisi Menikah dengan Pohon Pisang di India, Pernah Dilakukan Aktris Bollywood

-Jembatan Zaman Romawi Kuno Zaman 

Romawi Kuno dimulai dari tahun 300 SM dan berlangsung kurang lebih selama 600 tahun yang lalu. Pada zaman ini teknologi jembatan sudah mulai berkembang. Pada zaman ini jembatan yang dibangun telah menggunakan kayu, batu, dan beton. 

Namun, untuk jembatan batu dan beton, bentuknya sama seperti pada periode jembatan purba yaitu berbentuk lengkung (arch). Akan tetapi, pada zaman ini manusia telah mampu mengatasi permasalahan yang lebih rumit. Pada zaman ini mereka membuat konstruksi jembatan yang dibangun di atas pilar yang berada di bawah air dan melindunginya dari bahaya banjir.

- Teknologi Jembatan Zaman Besi dan Baja

Periode ini dilatarbelakangi adanya revolusi industri. Pada periode ini jembatan besi dibangun dengan menggunakan prinsip-prinsip bentuk lengkung, terutama untuk jembatan jalan raya. Pada era ini sudah menggunakan kantilever pada konstruksinya.

Pembangunan jembatan pada era ini menggunakan berbagai macam komponen dan sistem struktur baja deck, girder, rangka batang, pelengkung, penahan dan penggantung kabel. Jembatan besi pertama adalah jembatan Coalbrookdale yang melintasi Sungai Savern, Inggris.

BACA JUGA:Cara Bedakan Power Bank Asli dan Palsu untuk HP, Jangan Tertipu Saat Membeli

-Zaman jembatan gantung 

Periode ini dimulai pada abad ke-18. Pada tahun 1825 dibangun jembatan gantung Menai Straits, Inggris. Konstruksi jembatan menggunakan menara batu sebagai pilarnya. Di tahun 1851 mengalami kemajuan dengan dibangunnya jembatan gantung Niagara, Amerika Serikat.

- Zaman Jembatan Cable Stayed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: