Iklan dempo dalam berita

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam dunia numismatik atau studi tentang koin dan mata uang, koin kuno memiliki daya tarik unik. Tidak hanya sebagai objek koleksi, tetapi juga sebagai informasi berharga tentang peradaban kuno.

BACA JUGA:PT Pelni Buka Lowongan Kerja Terbaru 4 Desember 2023, Berikut Posisi dan Syarat Pendaftaran

Di dunia ini terdapat beberapa koin tertua yang pernah ditemukan sepanjang sejarah. Lalu koin tertua apa saja yang pernah ditemukan didunia saat ini? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa koin kuno tertua yang memberikan wawasan tentang masa lalu yang menakjubkan.

1. Koin kuno lydia 

Koin kuno tertua yang ditemukan berasal dari lydia, sebuah kerajaan kuno di anatolia, asia kecil, yang sekarang menjadi bagian dari turki modern. Koin ini dibuat menggunakan teknik cetak awal, dan disebut sebagai stater. Koin ini terbuat dari elektron, paduan alami emas dan perak. Koin lydia menandai awal munculnya mata uang koin dalam sejarah manusia.

BACA JUGA:Lulus Mitra Statistik BPS 2024, Persiapkan Dirimu untuk Bertugas Seperti Ini

Koin singa lydia dipercaya merupakan koin tertua di dunia yang pernah ditemukan saat ini. Koin ini menjadi bukti tentang kebudayaan yunani kuno dan diciptakan oleh lydia.

Kemunculan koin ini masih menjadi diperdebat bagi sebanyak orang. Beberapa berpendapat koin ini ada di tahun 700 sebelum masehi, tetapi ada juga yang berpendapat di tahun 600—550 sebelum masehi, saat dibawah pemerintahan raja alyattes.

BACA JUGA:Lowongan Kerja di PT Pama Persada Nusantara Anak Perusahaan PT United Tractors Tbk, Ada 5 Posisi Loker Dicari

2. Koin kuno china 

China juga memiliki sejarah koin yang kuno. Koin-koin ini terbuat dari kuningan dan menjadi awal dari penggunaan mata uang koin dalam kekaisaran yang terpusat. Koin-koin ini memiliki karakter-karakter khas china dan menjadi saksi bisu dari peradaban kuno terbesar di dunia.

Koin emas pertama dari china pertama kali dikeluarkan dimasa pemerintah wu saat periode peperangan antar negara. Disebut ying yuan, koin ini diperkirakan hadir saat kurun waktu tahun 600 atau 400 sebelum masehi. Koin ini terbuat dari emas, koin tersebut diberi tanda dengan dicap prasasti yang mengindikasikan berat atau nilainya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja di Perusahaan Gas Industri Terbesar Buka Loker 3 Desember 2023, Lamar Cepat untuk 3 Posisi

3. Koin kuno india 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: