Iklan dempo dalam berita

Terkenal Khas Pempek, Tapi 12 Jenis Kue basah Ini Khas Palembang Ini Diyakini Bikin Lidah Ketagihan

Terkenal Khas Pempek, Tapi 12 Jenis Kue basah Ini Khas Palembang Ini Diyakini Bikin Lidah Ketagihan

foto istimewa dan hanya sebagai ilustrasi --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Setiap daerah memiliki ciri khas masing- masing, termasuk makanan khas daerah yang bisa dijadikan sebagai sajian atau suguhan untuk tamu. Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah dan cocok dengan lidah masyarakat setempat.

Makanan daerah tercipta dengan perbedaan budaya dan bahan pangan yang tersedia. Pengolahan makanan di setiap daerah tentunya berbeda sehingga menghasilkan aneka jenis makanan yang beraneka ragam dengan karakter yang berbeda pula.

BACA JUGA:8 Item Makanan Tradisional yang Dimodifikasi Buat Jajanan Kaum Anak Milenial

Seperti kota Palembang, Sumatera Selatan. Palembang memiliki banyak sekali makanan khas baik itu makanan berkuah maupun makanan keringnya. Yang umum banyak diketahi orang saat berkunjung ke Palembang adalah makann yang berbahan dasar ikan. Seperti pempek, tekwan, model atau olahan ikan lainnya.

Namun selain makanan dari hasil olahan ikan serta berkuah, Palembang juga banyak menyajikan makanan khas yang lainnya, seperti kue- kue ringan.

BACA JUGA:Suka Makanan Brem? Sudah Tahu Sejarahnya? Ternyata Dahulu Disebut Makanan Ndeso

Berikut makanan khas kota Palembang selain pempek :

1. Bolu Kojo

Bolu kojo ada di menu utama untuk mengawali jajanan khas Palembang. Bolu kojo terbuat dari tepung terigu dan telur bebek, bolu kojo punya ciri khas berwarna hijau. Warna hijau bolu kojo berasal dari daun pandan atau daun suji. Alhasil, selain rasanya yang manis, bolu kojo juga punya aroma yang harum. Nama kojo sendiri diambil dari kata kemojo atau kamboja. Sebab, bentuk awal bolu kojo mirip dengan bunga kamboja.

2. Engkak Ketan

Engkak ketan dibuat dari tepung ketan dan santan. Jajanan khas Palembang ini berupa kue ketan lapis yang bentuknya mirip dengan kue lapis legit. Hanya saja, engkak menggunakan lebih banyak gula sehingga lebih lembut dan tahan lama.

3. Lempok Durian

Lempok durian adalah dodol yang terbuat dari daging durian dan gula. Lempok durian memiliki rasa yang manis serta kenyal. Dimasak dengan kayu bakar membuat proses pembuatan lempok butuh waktu yang lama.

4. Kue Lumpang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: