Iklan dempo dalam berita

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari 9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari  9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman

Berbahaya, Penderita Diabetes Wajib Hindari 9 Makanan Ini Agar Kadar Gula Darah Tetap Aman--Foto ilustrasi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, belum puas rasanya jika menu hidangan tidak dilengkapi dengan nasi putih. Namun, makanan pokok ini bukanlah makanan yang baik untuk penderita diabetes sehingga sebaiknya dihindari. Pasalnya, nasi yang berasal dari beras putih mengandung kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kategori makanan yang bisa membahayakan kondisi penderita diabetes. Selain tinggi kalori, makanan tersebut juga minim nutrisi :

1. Sereal manis

Sereal merupakan makanan yang praktis, seral biasanya digunakan untuk sarapan yang diperkaya kandungan protein, serat, serta karbohidrat. Namun sayangnya tidak semua kandungan sereal itu sama, sebab ada juga yang hanya menyediakan sedikit protein dan tinggi karbohidrat di dalamnya.

Apabila sereal tersebut tinggi karbohidrat, efeknya justru bisa sebaliknya yaitu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga tidak terkendali.

2. Makanan ringan kemasan

Aneka makanan ringan dalam kemasan dengan rasa manis, asin, atau gurih, rata-rata terbuat dari tepung olahan tinggi kalori. Menurut salah satu hasil studi, karbohidrat pada makanan ringan biasanya lebih tinggi daripada yang tertulis dalam label kemasan.

Alternatif lain apabila penderita diabetes ingin makan camilan, bisa pilih popcorn rasa orisinal, puding biji chia, kacang almond, protein bar, atau roti gandum dan selai kacang.

3. Daging olahan

Makanan yang berbahaya untuk penderita diabetes adalah daging olahan. Bisa itu berbentuk daging kaleng, daging beku, atau daging yang sudah diproses menjadi bahan baku nugget, sosis, dan beef burger. Meski tidak semua mengandung gula, daging olahan cenderung lebih tinggi garam, lemak, dan yang paling penting tinggi kandungan pengawet di dalamnya.

Cara aman mengonsumsi daging, sebaiknya pilih daging segar tanpa lemak yang dimasak dengan benar. Misalnya dijadikan steik atau campuran sup sayuran.

4. Buah kering

Buah-buahan yang dikeringkan mengandung kadar gula cukup tinggi. Karbohidrat di dalamnya diklaim empat kali lebih banyak dari buah segar. Segala macam jenis buah kering ini memang kurang baik dikonsumsi penderita diabetes karena berisiko meningkatkan lonjakan gula darah.

Dari itu, disarankan untuk pilih buah-buahan utuh yang masih segar alami untuk dikonsumsi, seperti kiwi, apel, beri, jeruk, jambu biji, pir, atau anggur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: