Iklan dempo dalam berita

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah Muncul sebagai Pertanda Kiamat akan Datang

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah Muncul sebagai Pertanda Kiamat akan Datang

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah sebagai Pertanda Kiamat akan Datang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam agama Islam, Dabbah diyakini sebagai salah satu tanda datangnya kiamat besar atau kiamat Qubro. Kemunculan Dabbah duyakini sebagai tanda hari kiamat dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr.

BACA JUGA:Matahari Terbit dari Barat adalah 1 dari 10 Tanda Kiamat, NASA Sempat Viral Karena Bahas Ini

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi," bunyi HR Abu Dawud dan Ibnu Majah.

Tujuan kemunculan Dabbah adalah memberikan tanda pengenal kepada orang mukmin dan kafir, dengan menggunakan tongkat Musa dan cincin Sulaiman Alaihissallam. Tanda tersebut berupa perubahan pada hidung seorang kafir yang terlihat karena adanya cincin, serta cahaya yang memancar dan wajah yang memutih pada seorang mukmin yang disebabkan oleh tongkat tersebut. 

BACA JUGA:Jauhi Tanda Kiamat Sugra, Salah satunya Transaksi Seperti Ini dan Lazim Terjadi di Masyarakat

Peristiwa ini akan menyebabkan orang-orang yang sedang berkumpul merujuk satu sama lain dengan menyebut "Wahai, Mukmin!" atau "Wahai, Kafir!"

"Seekor binatang akan keluar dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman Alaihissallam, lalu dia akan memberikan tanda (cap sebagai tanda pengenal) kepada seorang kafir-Affan (salah seorang perawi hadis) berkata, 'Pada hidung seorang kafir-dengan cincin, dan menjadikan bercahaya serta memutihkan wajah seorang mukmin dengan tongkat sehingga orang-orang yang sedang berkumpul pada hidangan makanan akan saling menyeru, maka yang ini berkata, 'Wahai, Mukmin!' Sementara yang lain berkata, 'Wahai, Kafir!'" (HR. Imam Ahmad dan Tirmizi).

BACA JUGA:Kemunculan Dajjal dan 5 Pengikutnya, Ternyata Tanda-tanda Datang Hari Kiamat

Diungkap dari beberapa penelitian ada 6 ciri-ciri Dabbah yang dijuluki sebagai binatang akhir zaman. Berikut ciri- cirinya :

1. Memiliki Empat Kaki dan Bersayap

Dalam sebuah riwayat yang diterima dari Abu Hurairah, disebutkan Dabbah adalah hewan yang memiliki ciri-ciri panjang tubuh yang mencapai 60 hasta dan tingginya mencapai awan, sementara jarak antara kedua tanduknya setara dengan perjalanan satu farsakh. 

Dabbah juga memiliki dua bentuk, dengan empat kaki yang dilengkapi bulu panjang yang menyerupai burung, serta memiliki dua sayap. Ciri-ciri ini memberikan gambaran lebih jelas tentang dimensi fisik dan penampilan Dabbah yang dijelaskan dalam riwayat tersebut.

2. Binatang yang Hidup di Laut

Menurut Wahbah al-Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir, Dabbah adalah memiliki makna sebagai makhluk hidup yang melata di bumi, khususnya binatang laut. Allah mengeluarkan binatang melata tersebut dari bumi untuk berbicara kepada manusia dan mengingatkan mereka bahwa sebagian besar manusia tidak mempercayai ayat-ayat Allah. Binatang melata ini diberi nama Jassasah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: