Iklan dempo dalam berita

Ketahui Keunggulan dan Kekurangan yang Dimiliki anda Tangan Basah Vs Digital

Ketahui Keunggulan dan Kekurangan yang Dimiliki anda Tangan Basah Vs Digital

6 keuntungan menggunakan tanda tangan digital--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tanda tangan adalah tanda tulisan identitas diri seseorang sebagai bentuk keabsahan atau sah tidaknya sebuah dokumen. Umumnya tanda tangan itu dibuat dengan menggunakan peana yang biasa disebut tanda tangan basah.

BACA JUGA:Kenali Beda Tanda Tangan Elektronik dan Digital, Mana yang Lebih Baik di Pilih?

Saat ini dengan kehidupan era digital dan kemunculan internet membuat bentuk tanda tangan mulai berubah. Jika dulunya tanda tangan menggunakan tulis tangan dengan tinta ataupun dengan segel simbol fisik, kini tanda tangan berevolusi menjadi tanda tangan digital.

Penggunaan tanda tangan digital yang semakin populer dan menggeser tanda tangan basah pun semakin populer sehingga menciptakan wacana perbincangan yang baru. Dengan itu keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Maka itu, dalam artikel kali ini kami akan membahas keunggulan dan kekurangan dari tanda tangan basah dan tanda tangan digital. 

BACA JUGA:7 Mitos dan Fakta Kesimpangsiuran Mitos Tanda Tangan Digital di Tengah Masyarakat

Berikut ini keunggulan dan kekurangan tanda tangan basah dan digital:

  • Keunggulan tanda tangan basah 

Tanda tangan basah saat ini masih banyak digunakan masyarakat meski tanda tangan elektronik mulai sering dijumpai. Ada beberapa alasan mengapa tanda tangan basah masih dipakai sampai sekarang:

1. Tanda tangan basah tidak membutuhkan energi sehingga tanpa jaringan listrik tanda tangan tetap bisa dilakukan

2. Tanda tangan basah unik bagi setiap orang, sehingga tanda tangan bisa menggambarkan kepribadian masing-masing individu

3. Tanda tangan basah mengharuskan pertemuan langsung dengan pihak yang bersepakat. Bagi sebagian orang untuk menciptakan rasa percaya pada kesepakatan membutuhkan pertemuan secara fisik.

4. Tanda tangan basah dapat diwakilkan. Meski sangat berisiko, dalam kondisi tertentu tanda tangan basah bisa digunakan oleh pihak lain untuk menyepakati sesuatu. Langkah ini biasanya dilakukan jika pihak pemilik tanda tangan berhalangan untuk hadir.

5. Tanda tangan basah mudah untuk dilakukan. Penggunaan tanda tangan basah tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Penandatangan hanya perlu untuk bisa memberikan tanda diri yang khas.

6. Tanda tangan basah mensyaratkan saksi. Adanya saksi pada saat penandatangan membuat tanda tangan pada dokumen bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Keunggulan-keunggulan di atas merupakan keunggulan yang menjadi alasan mengapa tanda tangan basah hingga saat ini masih digunakan di banyak keperluan. Bahkan bagi sebagian kecil orang, tanda tangan basah adalah metode tanda tangan yang tidak bisa digantikan sama sekali oleh metode lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: