Iklan RBTV Dalam Berita

Ketahui Keunggulan dan Kekurangan yang Dimiliki anda Tangan Basah Vs Digital

Ketahui Keunggulan dan Kekurangan yang Dimiliki anda Tangan Basah Vs Digital

6 keuntungan menggunakan tanda tangan digital--

Lalu untuk melengkapi undang-undang ini, diterbitkanlah peraturan pemerintah pada tahun 2019 yang mengatur tentang penerbitan sertifikat elektronik untuk mendeteksi validitas dan mengakui keabsahan tanda tangan digital.

BACA JUGA:Memiliki Kepribadian Tibo Lungguh, 4 Weton Berikut Diramalkan Menjadi Pemimpin dan Berharta

Berikut 6 keuntungan menggunakan tanda tangan digital:

- Hemat Waktu

Anda bisa memangkas waktu yang dibutuhkan untuk pencetakan dokumen, pemindaian dokumen yang telah ditandatangani, penyimpanan dokumen, hingga proses pengiriman dokumen oleh pihak ketiga. Dari tempat Anda berada di mana pun, Anda bisa tetap menandatangani dokumen dan langsung mengirimkannya kembali melalui surel dalam hitungan menit.

- Hemat Biaya

Anda tidak perlu lagi menganggarkan budget khusus untuk membeli kertas, pulpen, tinta printer, hingga biaya ekspedisi dan penyimpanan. Selama Anda memiliki smartphone atau komputer yang terkoneksi ke internet, penandatanganan dan pengiriman dokumen bisa dilakukan tanpa biaya tambahan.

- Sah di Mata Hukum

Legilitas tanda tangan digital Indonesia sudah memiliki payung hukum melalui Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2008 Pasal 11 Ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Peraturan ini menjelaskan bahwa tanda tangan digital berfungsi sebagai alat autentifikasi dan verifikasi dalam transaksi elektronik.Tanda tangan digital bisa digunakan untuk menunjukkan persetujuan penanda tangan atas informasi elektronik dan dokumen elektronik yang ditandatangani dengan tanda tangan digital. 

Dengan kata lain, tanda tangan digital memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan manual.

BACA JUGA:Mengungkap Kepribadian Seseorang dari Bentuk Matanya, Ternyata yang Mata Sipit Cenderung Lebih Disiplin

- Lebih Aman

Penggunaan dokumen secara digital meningkatkan tingkat keamanan dengan meniadakan risiko pemalsuan dokumen dan pemalsuan tanda tangan. Selain itu, tanda tangan digital meningkatkan keamanan dokumen dengan meminimalisir risiko dokumen rusak atau hilang. Pastinya, dokumen yang ditandatangani secara digital juga lebih terjaga kerahasiaannya karena proses pengiriman terjadi secara langsung dan privat tanpa melibatkan pihak ketiga.

- Ramah Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: