Iklan dempo dalam berita

Buat Pemula Jangan Panik Ketika Setir Mobil Anda Terkunci, Ikuti 3 Cara Anti Ribet dan Gampang Berikut

Buat Pemula Jangan Panik Ketika Setir Mobil Anda Terkunci, Ikuti 3 Cara Anti Ribet dan Gampang Berikut

Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuka setir yang terkunci--

Dan salah satu penyebab terakhir mengapa setir mobil terkunci adalah kerusakan pada mekanisme kunci. Mekanisme ini terdiri dari sejumlah komponen yang bekerja bersama untuk mengunci dan membuka kunci setir mobil anda. Apabila salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan, maka setir mobil tidak dapat dibuka secara optimal. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk usia kendaraan atau penggunaan yang terlalu berlebihan.

BACA JUGA:Sebelum Modif Kendaraan, Perhatikan Aturan-aturan Berikut, Tidak Semua Komponen Bisa Diubah

Cara Membuka Setir yang Terkunci

Ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk membuka setir mobil terkunci. Adapun cara yang dapat anda terapkan adalah

1. Masukan Kunci ke Saklar Kunci atau Kontak Pengapian

Cara pertama untuk membuka setir mobil yang terkunci adalah dengan memasukkan kunci ke saklar atau kontak mobil. Saklar atau kontak ini merupakan bagia dari sistem pengapian mobil yang menghubungkan kunci dengan mesin. Ketika Anda mencoba memasukan kunci dan memutarnya, saklar ini akan mengirim sinyal ke mesin untuk memulai.

Jika setir mobil Anda terkunci, proses ini dapat membantu anda melepaskan kunci setir. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda harus memasukkan kunci dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada saklar atau kontak mobil anda.

BACA JUGA:Intip Fitur dan Spesifikasi Apa yang Membuat Motor Yamaha MT-09 2024 Berharga Hingga Rp170 juta

2. Putar Setir Mobil ke Kanan atau Kiri sambil Memutar Kunci

Cara kedua yang dapat anda coba untuk membuka setir mobil terkunci adalah dengan memutar setir ke kanan atau kiri sambil memutar kunci. Cara ini cukup efektif karena mekanisme kunci setir biasanya dibuat untuk bekerja ketika setir berada dalam posisi tertentu.

Dengan memutar setir sambil memutar kunci mobil anda, hal ini bisa membantu anda karena mekanisme dari kunci setir ini. Namun, anda perlu melakukannya secara berlahan agar tidak terjadi kerusakan.

BACA JUGA:Desan Semi Klasik tapi Mesin Futuristik Yamaha PG-1, Selevel kah dengan Honda CT 125?

Langkah Praktis Jika Kunci Mobil Tidak Dapat Diputar. Jika kunci mobil anda tidak dapat diputar, anda dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut

 • Nyalakan Rem Tangan Mobil

Langkah pertama sebelum Anda mencoba membuka kunci setir mobil, adalah penting untuk memastikan bahwa mobil Anda tidak akan bergerak secara tak terduga. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengaktifkan rem tangan mobil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: